Perbandingan Jasa SEO & Iklan Berbayar untuk Promosi Bisnis

Kamu punya produk atau jasa usaha yang akan kamu kembangkan, dan pasar online yang akan kamu pilih untuk dijadikan media promosi. Tentu saja kamu tidak bisa mengerjakan semuanya sendiri, mulai dari pembuatan website, fanspage, akun lain dan tentu saja yang paling berat, promosi.


Untuk promosi sebenarnya ada 2 pilihan yang bisa kamu ambil, antara jasa SEO atau beriklan langsung melalui beberapa jasa periklanan yang sudah terpercaya seperti Google Adwords, FB ads, Twitter ads, Intagram ads, atau jasa periklanan lainnya yang memang sudah terkenal dan memiliki kualitas baik. Maaf kali ini saya tidak membahasa tentang iklan gratis yang disediakan oleh beberapa pihak website jual-beli.

Terkadang pengusaha online akan bingung harus memakai jasa SEO atau memasang iklan saja, dan berikut akan saya berikan perbandingan yang bisa anda pertimbangkan untuk memilih mana yang lebih baik untuk promosikan bisnis anda di dunia maya.

Perbandingan Biaya Jasa SEO dan Iklan
Kalau masalah biaya sebenarnya tidak terlalu jauh menurut saya, misalnya anda memakai jasa SEO maka biaya 1 juta sudah cukup untuk menempatkan halaman anda di posisi pertama mesin pencari semisal Google, atau mendatangkan banyak pengunjung dari sosial media seperti FB, Twitter, Intagram, dll. Namun dengan uang 1 juta itu juga, halaman anda bisa berada di posisi awal mesin pencari Google, atau di halaman khusus pengiklan FB, twitter, dll.

Jasa SEO menghitung biaya lewat pekerjaan, misalnya menembak peringkat pertama di mesin pencari, sedangkan iklan menghitung biaya dari klik iklan dan penayangan yang terjadi.

Perbandingan Kualitas Jasa SEO dan Iklan
Kalau kualitas menurut saya tentu saja masih menang iklannya, wong mereka yang punya lahan kok. Coba saja suruh tukang SEO anda untuk menembak kata kunci di mesin pencari Google untuk mengalahkan halaman yang sudah beriklan, sepertinya mereka tidak mampu karena halaman itu sudah diisi dengan pengiklan langsung yang kerja sama dengan Google. Hal ini sama juga dengan iklan di media sosial dan halaman lainnya.

Untuk kualitas, iklan masih menang jika dibandingkan dengan jasa SEO yang ada.

Perbandingan Keamanan Jasa SEO dan Iklan
Kalau masalah aman, saya kira relatif juga sih, tapi yah masih aman dengan jasa iklan juga sih soalnya mereka orang-orang yang profesional dan tidak merusak. Saat ini banyak loh jasa SEO yang ekstrim, mereka bisa meningkatkan pengunjung web anda hingga ratusan ribu bahkan jutaan, tapi bukan manusia melainkan mesin.

Perbandingan Waktu Pengerjaan
Kalau anda beriklan, maka iklan akan segera tampil dengan sangat cepat walau web yang anda buat baru beberapa hari saja. Namun kalau memakai jasa SEO, sepertinya harus melihat umur web yang akan dikerjakan juga, karena seperti poin di atas, ada resiko yang harus ditanggung kalau terlalu ekstrim.

Itulah perbandingan promosi antara memakai jasa SEO dan memasang iklan, keduanya sama-sama memiliki kelebihan dan kekurangan. Mau pilih yang mana untuk promosikan bisnis anda di internet? Pilihan di tangan anda!

Wirausahakan Updated at: 12:46 AM

0 komentar:

Post a Comment