3 Sektor Bisnis Penyumbang Pajak Terbesar di Indonesia

Indonesia memiliki hukum yang mengatur pajak yang dibebankan kepada rakyatnya dengan sedetail mungkin, dan pembangunan-pembangunan yang ada di negara kita ini hampir semuanya adalah berasal dari pajak yang terkumpul selama ini.


Hampir semua orang di Indonesia dibebani pembayaran pajak, mulai dari karyawan, pengusaha, pemilik kendaraan, bangunan, dan lain sebagainya. Penerimaan negara dari pajak per tahun kira-kira 1.000 triliun jumlahnya, angka yang sangat fantastis untuk saya karena saya belum pernah melihat uang sebanyak itu secara langsung.

Pendapatan pajak terbesar dari negara kita berasal dari bisnis, maka dalam beberapa tahun terakhir ini program kewirausahaan digencarkan pemerintah mulai dari sekolah-sekolah yang ada. Usaha mulai dari yang kecil, sedang, bahkan yang besar memberikan pemasukan yang jumlahnya luar biasa banyaknya.

Ada 3 sektor bisnis yang membayar pajak terbesar ke negara, mereka bisa dibilang adalah para penguasa bisnis yang ada di negara kita ini. Yang pertama adalah sektor perbankan, yah ini adalah penyumbang pajak terbesar di Indonesia. Kita semua tahu betapa banyaknya bank yang ada di negara kita ini, hampir di setiap sudut kota terdapat bank yang melayani peminjaman kepada masyarakat, jadi tidak heran kalau bisnis perbankan memberikan pajak yang luar biasa banyaknya.

Yang kedua adalah sektor produksi yang tersebar di Indonesia, mulai dari elektronik, hasil bumi, dan lain sebagainya yang sebagian dimiliki pemerinta dan sebagian lagi dimiliki oleh swasta. Dengan banyaknya industri yang ada di Indonesia, maka akan semakin menambah penghasilan pajak negara, makanya pemerintah mempermudah investor asing masuk ke Indonesia untuk  memaksimalkan pajak yang bisa diterima.

Dan yang ketiga adalah sektor jasa, ada beberapa perusahaan yang memberikan pajak terbesar di Indonesia, sebut saja dari jasa telekomunikasi punya Telkomsel, mereka masuk dalam daftar 22 perusahaan yang membayar pajak terbesar ke negara.

Sebagai warga negara yang baik kita wajib membayar pajak, yang paling umum adalah pajak kendaraan bermotor yang hampir dimiliki oleh seluruh rakyat Indonesia. Tapi saya sendiri sering menemui orang yang enggan membayar pajak motor yang jumlahnya hanya di kisaran ratusan sampai jutaan Rupiah pertahunnya, entahlah mereka numpang di Indonesia tapi tidak taat aturan yang ada.

Wirausahakan Updated at: 11:34 PM

0 komentar:

Post a Comment