Peluang Usaha Pengelolaan Jasa Parkir Untungnya Besar

Berapa banyak tempat aman yang anda temui dimana anda menaruh kendaraan dan tidak ada tukang parkirnya? Dari pengalaman saya, setidaknya hanya 10% saja masih ada tempat di kota dengan lahan tanpa adanya tukang parkir.

sumber gambar : dutaparking.com
Dari pengalaman saya saja, sudah terlihat jelas bahwasanya usaha jasa parkir sudah menjadi salah satu bisnis yang diincar oleh banyak orang. Jadi jangan heran kalau di sono sering terjadi bentrokkan karena rebutan lahan parkir yah bos, orang keuntungannya saja lumayan besar.

Saya pernah bertanya kepada salah satu tukang parkir yang tidak resmi, katanya satu hari dia bisa mengantongi uang sampai 500 ribu, dengan jumlah setoran ke toko atau bangunan yang djadikan lahan parkirnya hanya sekitar 100-200 ribu, lalu iuran untuk "kelompoknya" di kisaran 50-100 ribu saja. Jadi paling tidak dalam satu hari, si tukang parkir ini bisa mendapatkan penghasilan bersih di kisaran 200ribu loh, (dalam hati : itu gaji gue 4 hari xixixi).

Saat ini pemerintah daerah (khususnya di kota besar) sudah mengambil alih lahan parkir dan mengurusnya sendiri, kenapa? Karena mereka sadar potensi keuntungan yang sangat besar dari bisnis yang satu ini. Makanya banyak yang demo kalau pemerintah mau ngambil lahan parkir mereka.

Kalau saat ini ada toko, kantor, minimarket, rumah makan, perusahaan, atau apalah yang kira-kira ada prospek untuk didatangi oleh orang dalam jumlah banyak tiap harinya, cobalah ajukan kerjasama jasa parkir dengan proposal yang resmi. Isinya adalah permohonan kerjasama, prospeknya, pembagian keuntungannya (biasanya 60:40% atau 30:70%), dan tunjukkan bahwa anda serius dan profesional.

Kalau bisa memakai alat parkir dengan teknologi terbaru biar ngirit pegawai, tapi kalau belum bisa atau kurang modal yah mau gak mau nyari pegawai untuk jaga tempat parkirnya. Kalau deal itu kerja sama, beuh bisa jadi sumber penghasilan yang tiada henti loh. Bayangkan saja jika tarif parkir motor 2.000 dan mobil 5.000, dikalikan 100 motor dan 50 mobil, maka dalam satu hari pendapatannya sekitar 4,5 juta, dikalikan 30 jadi sebula bisa dapat omset Rp 135.000.000, 00. Dikurangi jatah lahan (misal 30%) sekitar 40jutaan, dan gaji 5 karyawan (biasanya kisaran 2-3 juta) 10juta, maka pemasukan bersih dalam sebulan mencapai 80jutaan. Angka yang sangat luar biasa banyaknya bukan? Ini anda sudah gak perlu ikutan jaga parkir loh, soalnya udah ada karyawan.

Bisnis parkir kini masih dikuasai kelompok, ormas, pengusaha berduit, dan beberapa komunitas lainnya, namun biasanya masih ada yang ilegal karena melakukan kerja sama secara ilegal. Kalau anda bisa profesional, maka saya yakin anda bisa mendapatkan lebih banyak kerja sama menguntungkan ini.

Wirausahakan Updated at: 12:57 AM

2 komentar:

  1. darimana ngitungnya sehari 4,5 jt, salah itung sampean

    ReplyDelete
    Replies
    1. mohon maaf jika ada kesalahan ya gan,
      saya menghitungnya dari 500 ribu x 30 hari.
      Namun omsetnya berbeda-beda karena ada yang hanya 100 ribu, ada pula yang lebih banyak.
      terimakasih atas koreksinya gan

      Delete