Menilik Peluang Bisnis Jual Beli Domain di Dunia Maya

Setelah sebelumnya saya menuliskan informasi mengenai bisnis web hosting yang memiliki prospek bagus ke depannya, kini saya akan mencoba menuliskan informasi mengenai bisnis jual-beli domain yang sedang cukup populer di internet.


Kalo web hosting adalah rumah bagi sebuah website, maka domain bisa diibaratkan sebagai alamatnya. Rumah kalau tak punya alamat kan bingung, bagaimana mungkin orang mau ke rumah anda kalau anda tidak memiliki alamat? Kira-kira seperti itulah fungsi domain.

Saat ini banyak loh pengguna internet yang melirik bisnis yang satu ini, biasanya sistem bisnis mereka dengan berbagai cara yang sederhana sih, mulai dari membeli domain dengan sistem borongan dan mengecerkannya kepada orang lain, membeli domain bagus yang sudah terpakai namun kurang maksimal lalu mereka mengembangkannya dan menjualnya dengan harga mahal, ada juga yang mengincar salah satu nama perusahaan besar, dengan membuat nama domainnya lebih dulu, kalau mereka mau beli tinggal dinaikkan harganya.

Harga rata-rata sebuah domain dengan akhiran .com, .net. .co.id, dan yang terkenal lainnya sebenarnya murah, di kisaran 100-200 ribu saja, anda bisa memeriksanya di beberapa situs penjual domain yang terkenal. Namun nyatanya domain-domain ini sudah dijadikan ladang bisnis bagi mereka yang tahu dan paham dengan potensi keuntungan yang nyata.

Masih ingat saat Mark Zuckerberg membeli domain FB.COM dengan harga $ 8,5 juta (atau sekitar Rp 110 juta), sebagian orang awam pastinya bertanya kenapa harga sebuah domain bisa semahal itu? Padahal di luar sana masih banyak nama domain yang harganya selangit. Begini, kalau saja Mark tidak membelinya, maka akan ada salah satu orang kreatif yang membuat situs yang mirip dengan Facebook, dan percaya tidak percaya sebagian dari kita pernah menuju halaman facebook dengan mencarinya melalui mesin pencari seperti Google dengan kata kunci FB, betul? Kalau saja Mark tidak membelinya, bayangkan saja orang kreatif yang membuat situs tiruan dengan nama yang mirip facebook, pasti banyak yang nyasar ke situs itu.

Salah satu nama besar dalam dunia bisnis domain ini adalah Mike Man, seorang pria Amerika yang sudah menjalani bisnis ini dari tahun 90an, bahkan dia tidak main-main dalam bisnis ini. Salah satu rekor yang dia ciptakan adalah saat mendaftarkan 14.962 nama domain dalam satu hari, hebat! Nama-nama domain itu nantinya akan dia jual lagi dengan mengambil beberapa keuntungan dari pembeliannya. Tau gak katanya pria ini bisa mendapatkan keuntungan sekitar 5 miliar tiap bulannya loh!

Bisnis dunia maya itu sebenarnya lucu, kita seakan bertransaksi secara gaib, membeli sesuatu yang tak nampak dan membelinya juga terkadang memakai uang yang tak nampak semisal bitcoin, aduh pusing kalau dipikirkan, saya sendiri belum sampai dengan berbagai informasi kompleks ini.

Bagi anda yang ingin memulai bisnis ini, saya kasih tips sederhana saja, misalnya anda punya rumah di Jakarta dan anda punya rumah di Papua, maka rumah mana yang akan mudah ditemukan dan dikunjungi? Yah kira-kira seperti itulah gambarannya, singkatnya cari nama domain yang banyak dicari, memiliki nilai jual, dan memiliki arti kalau bisa. Beli semurah-murahnya, dan jual semahal-mahalnya, itu yang namanya bisnis!

Wirausahakan Updated at: 10:05 PM

0 komentar:

Post a Comment