Informasi Tentang Bisnis Web Hosting & Potensi Keuntungannya

Web hosting atau layanan hos web menurut istilah saya adalah sebuah rumah bagi website-website yang ada di dunia ini dengan menyediakan server yang dibutuhkan. Wadah yang diperlukan untuk menyimpan berbagai hal yang berhubungan dengan website, semisal berupa HTTP, FTP, EMAIL, atau DNS.


Saat ini banyak sekali para blogger yang membuat halaman website mereka secara mandiri, tidak lagi membuat blog gratisan semisal dari blogger, wordpress.com, dan lain sebagainya. Mereka sudah mulai paham dan memilih untuk membuat website yang berkualitas, dengan menggunakan wordpress.org atau membuat web manual dengan bahasa PHP, Jomla, atau yang lainnya.

Dengan website mandiri, tentu saja mereka membutuhkan beberapa hal penting di dalamnya, beberapa diantaranya adalah web hosting, domain, template, dan lain sebagainya. Nah kali ini saya ingin mengulas sedikit informasi mengenai bisnis web hosting yang semakin lama semakin ramai karena keuntungannya yang memang luar biasa.

Untuk memulai bisnis web hosting dan menyediakan wadah bagi yang membutuhkan, maka dibutuhkan beberapa keahlian dalam hal pengetahuan tentang web server, tentang IP address, keamanan, tentang cara berpromosi, cara menangani error, cara menghadapi konsumen yang baik dan berbagai keahlian lain seperti orang yang sedang berdagang di online maupun offline.

Bisnis penyedia hosting saat ini cukup banyak, bahkan di Indonesia juga sudah banyak perusahaan yang menyediakan hosting dengan kualitas bagus. Salah satu hal yang membuat mereka terjun dalam bisnis ini adalah potensi keuntungan yang bisa dihasilkan. Menurut salah satu sumber yang saya dapatkan, keuntungan yang bisa merek peroleh mencapai 5x lipat besarnya, misalkan saja dengan modal 100ribu untuk kapasitas hosting di kisaran 1gb, mereka bisa menjualnya hingga 300ribu, mantap bukan? Di tambah lagi dengan banyaknya orang yang kini membutuhkan web hosting, ini adalah bisnis yang cukup prospek ke depannya.

Sebagai contoh sukses saja, di luar negeri ada beberapa nama web hosting yang terkenal semisal DreamHost, HostGator, A Small Orange, Blue Host, Arvixe, Digital Ocean, Godaddy, dll. Sedangkan di Indonesia yang terkenal diantaranya adalah niaga hoster, ardeta media, nusantara host, jogja host, zie host, dan lain sebagainya.

Ini hanyalah informasi tentang salah satu bisnis yang saya pikir akan terus berkembang ke depannya, bagi anda yang berminat dan senang dengan dunia komputer dan internet, anda bisa mulai mencobanya dan mendapatkan keuntungan yang melimpah dari bisnis yang satu ini.

Wirausahakan Updated at: 9:55 PM

0 komentar:

Post a Comment