Eiichiro Oda, Tokoh Sukses yang Mengubah Hobi Menjadi Penghasilan

Sebagai seorang pengusaha muda, entah kenapa Tuhan mengenalkan saya dengan sosok Eiichiro Oda, seorang Mangaka (penulis komik) yang sukses dengan komik karangannya "One Piece". Dia dikenal sebaai salah satu penulis komik terbaik di dunia, bahkan sudah banyak penghargaan yang dia dapatkan dari hobinya menulis komik itu.


Oda memulai karier menulis komiknya sejak tahun 1997, hingga sekarang di tahun 2016. Kalau dihitung-hitung sudah sekitar 20 tahunan dia bergelut dengan komik. Tahukah keseharian Oda? Saya pernah membaca sebuah informasi yang mengatakan bahwa Oda bangun jam 4 pagi, mengerjakan komiknya sampai jam 2 pagi, hanya makan mi instant saja dan jarang bergaul dengan masyarakat umum.

Mungkin jika anda yang menjalaninya, anda akan mengeluh dengan perkataan "ini kerja apa kerja rodi, ini kerja apa dikerjain, ini kerja apa dipaksa, hidup kok kerja terus, kapan liburnya" dan berbagai ungkapan lainnya yang isinya tentang keluhan.

Namun kalau dipikirkan lagi, kenapa Oda bisa tahan dengan jam kerja yang sangat panjang itu? Sangat tidak manusiawi dan menghabiskan masa hidupnya hanya demi pekerjaannya itu? Jawabannya adalah karena dia bekerja sesuai dengan hobinya! Itulah kenapa ada ungkapan yang mengatakan bahwa pekerjaan yang paling menyenangkan adalah hobi yang dibayar.

Menurut salah satu sumber di Jepang sana, pendapatan Oda dari pekerjaanya sebagai mangaka berkisar di angka +- Rp 400 miliar per tahun. Sebuah angka yang sangat fantastis untuk sebuah pekerjaan yang sangat unik menurut saya. Pendapatan itu berasal dari berbagai sumber misalnya saja lisensi dari komiknya, penjualan komik, video, dan berbagai hal yang berhubungan dengan komiknya yang mendunia itu.

Saya kadang mendengar seseorang yang berkata dengan ketusnya "kamu hobi kok menggambar, gak ada gunanya tau!", padahal saat ini banyak sekali pekerjaan dengan gaji yang sangat besar yang berawal dari hobi menggambar.

Apa hobi anda saat ini? Sampai kapan anda akan menyukai hobi tersebut? Apakah anda akan menjalankan hobi anda sampai tua? Kenapa anda tidak merubah hobi anda menjadi sebuah sumber penghasilan yang menjanjikan? Contohlah Eiichiro Oda yang sukses merubah hobi menggambar komik menjadi penghasilan yang membuatnya kaya raya dan terkenal.

Wirausahakan Updated at: 2:56 AM

0 komentar:

Post a Comment