Analisa Usaha Etalase Lemari Kaca dengan Keuntungan Besar

Pengalaman saya saat mencari lemari etalase berbahan kaca untuk mengisi toko cukup memberikan inspirasi bisnis bagi saya, saat itu saya muter-muter singgah ke beberapa tempat penjual etalase kaca ini. Dari data yang saya dapatkan, mereka menjual etalase dengan harga yang beragam, untuk ukuran 1x2 meter saya mendapati beberapa penjual yang menawarkan harga di atas 1,5 juta, dan Alhamdulillah saya mendapatkan penjual yang menawarkan harga 1,4 juta saja.

gambar etalase di google image
Ternyata perbedaan harga yang diberikan cukup besar juga yah, antara 100-300 ribu loh padahal bentuk dan ukurannya sama, bahan yang dipakai juga sama. Saya lalu berfikir kalau bisnis ini ternyata memiliki prospek yang cukup bagus, apalagi dengan keuntungan yang besar, serta minim pesaing tentunya.

Jika anda ingin membuka usaha etalase kaca, maka ada beberapa syarat yang harus anda miliki untuk memulai usaha yang satu ini. Diantaranya adalah skil dalam pembuatan etalase sesuai bentuk dan ukuran, ini bisa anda tangani dengan menyewa tukang yang bisa melakukan pekerjaan ini andaikata anda tidak bisa membuat etalase. Usaha etalase ini juga bisa disandingkan dengan usaha perlengkapan toko.

Tempat usaha harusnya ada di pinggir jalan agar anda bisa mempromosikan usaha tersebut dengan mudah, apalagi kalau ramai dan banyak orang yang lewat, maka usaha itu akan lebih cepat terkenal. Selain itu, cobalah tawarkan ke beberapa toko atau tempat usaha lainnya, jalin kerja sama dengan para pemilik toko yang membutuhkan etalase seperti counter HP, toko minyak wangi, toko aksesoris, dan lain sebagainya. Anda juga bisa mempromosikan usaha ini di beberapa media online, ingat! Media online adalah salah satu tempat promosi terbaik saat ini.

Keuntungan dari usaha ini terbilang besar, menurut perhitungan saya untuk 1 buah etalase bisa mendapatkan keuntungan antara 20-40% dari harga jual yang sudah dikurangi dengan biaya bahan etalase yang berupa kaca, lem, aluminium, dan lainnya. Serta biaya tukang yang biasanya dibayar dengan sistem yang disepakati, antara borongan atau harian.

Modal yang dibutuhkan untuk membuka usaha ini memang cukup besar, namun dengan keuntungan yang juga cukup besar, maka usaha ini bisa dijadkan pilihan yang tepat bagi anda. Apalagi  dengan persaingan yang menurut saya belum terlalu banyak, anda bisa hitung lah berapa pengusaha etalase yang ada di sekitar tempat tinggal anda.

Wirausahakan Updated at: 12:06 AM

10 komentar:

  1. Saya pengen buka usaha tersebut
    kendalanya planggan yang belum ada..
    Ksih tau triknya dong..bagi pemula.
    Trimaksh

    ReplyDelete
    Replies
    1. pelanggan datang dengan sendirinya jika bisnis sudah berjalan dengan pelaksanaan yang benar bos

      Delete
  2. Gimana cara menghitung harga etalase,atau grobak boz?

    ReplyDelete
  3. Bos cara mnghitung harga jual lemari almunium dan etalase gmn cara .ya
    D tunggu jwbn ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. secara mendetail saya kurang paham, tapi biasanya bisnis perabot ngambil untungnya lumayan. Bapak saya pernah jadi pengusaha perabot kayu dan misalkan produk seharga 1jutaan, maka setidaknya ia bisa mendapatkan hasil sekitar 300 bahkan 500ribu.

      Delete
  4. Dimana beli bahan bakunya yang harganya paling murah bos?

    ReplyDelete
  5. Lha tidak tahu kok bisa ngitung kalo untungnya 20 - 40 persen boss....

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya tidak tahu karena belum mencoba, tapi saya rada kepo, jadi pas ketemu sama pengusahanya saya coba korek infonya satu per satu dan saya coba perkirakan nilainya segitu.

      Delete
  6. hihikhik..saya pembuat dan penjual etalase...pd kepo ya...untung sedang aja kooq..

    ReplyDelete