Jasa Ukir Sendok, Gelas & Piring, Salah Satu Usaha Paling Unik yang Saya Temui

Dahulu kala di sekitaran tahun 2000 ke bawah, saya menemui usaha yang menurut saya adalah salah satu jenis usaha paling unik bahkan hingga saat ini. Saya terkadang tertawa ketika mengingat betapa kreatifnya orang yang menjalankan usaha ini, sungguh luar biasa.

Jasa mengukir sendok, piring, gelas, dan perabotan dapur lainnya adalah jasa yang akan saya ceritakan saat ini. Bukan untuk promosi atau menganjurkan anda mencobanya, namun saya hanya sekedar berbagi pengalaman hidup hehehe


Saya ingat ketika masih anak-anak, pada siang hari saat sedang nonton tv ada orang yang berkeliling menawarkan jasa ukir perabotan, dia berteriak-teriak "cap sendok, piring, gelas, muraaahhhh", ahahahaa saya jadi ketawa lagi kalau mengingat ucapannya. Ibu saya keluar dan memanggil orang itu, dan ibu saya mengeluarkan senjatanya di dapur, ada puluhan sendok, piring, gelas, mug, mangkuk, dan lain sebagainya diukir dengan menggunakan nama saya.

Saya memperhatikan cara mengukir perabotan rumah tangga tersebut, alatnya sederhana menggunakan dinamo (kalau tidak salah), lalu dimodifikasi sedemikian rupa agar bisa mengukir di gelas dan piring. Butuh waktu berjam-jam untuk menyelesaikan tugasnya dan bayaran yang dia terima tidak seberapa, kalau tidak salah hanya sekitar 5 ribu saja, tapi orang itu girang beneerrr.

Kata ibu saya, dia mengukir perabotan dapurnya dengan nama saya agar tidak tertukar dengan punya tetangga, karena memang di jaman itu terkadang tetangga pada pinjam perabotan dapur, apalagi kalau masuk musim hajatan pasti pada abis tuh piring sama sendok dipinjem sama tetangga.

Dan barusah saya browsing di internet, eh ternyata ada loh yang jualan alat ukir gelas dan piring ini. harganya sekitar 25 ribu dengan tampilan yang lebih unik dan fleksibel tentunya. Lucu juga yah, ternyata salah satu usaha dalam bidang jasa yang menurut saya paling unik masih ada bekasnya dan alatnya juga masih dijual di online xixixi.


Gimana? Apakah anda mau mencoba bisnis yang satu ini? Saya sih menyarankan agar jangan mencoba hehehee. Atau anda punya jenis usaha yang unik lainnya, bisa sharing di komentar sialakan!

Wirausahakan Updated at: 1:44 AM

4 komentar:

  1. BIAR nampak jelas sebelum di ukir dikasih cairan apa ya bos?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kurang paham nama cairannya bos, tapi mirip spirtus atau minyak tanah gitu

      Delete
  2. Minta brosur harga terbaru pak... mau coba" ciapa tau kayak bapak

    ReplyDelete