Pernahkah Anda Berfikir Kalau Salah Satu Pembeli Anda adalah Malaikat

Apakah anda pernah mendengar atau membaca kisah ispiratif tentang Ali bin Abi Thalib yang melakukan jual-beli dengan malaikat? Kisah itu bermula saat Istri Ali, Fathimah yang memberikan uang 6 dirham kepada Ali guna membelikan makanan untuk anak mereka, namun Ali malah memberikan uang itu untuk disedekahkan kepada orang yang lebih membutuhkannya.


Nah di tengah kesulitan karena tidak memiliki uang dan makanan itu, Ali malah ditawari unta seharga 100 dirham dengan sistem bayar di belakang oleh orang badui, dan di beli oleh orang badui lainnya seharga 300 dirham. Saat mau menceritakan kepada Rasulullah SAW, ternyata Rasulullah SAW sudah tahu lebih dulu dengan kejadian yang dialami menantunya itu. Ternyata orang badui yang menjual Unta adalah malaikat Jibril yang menyamar, dan orang badui yang kedua yang membeli unta adalah malaikat Israfil (di riwayat lain malaikat Mikail).

Saat mengingat kisah inspirasi yang dialami oleh Sayyidina Ali bin Abi Thalib, terkadang saya sendiri berfikir apakah mungkin saya juga pernah mengalami kejadian yang serupa dengan menantu Rasulullah SAW tersebut? Saya melakukan jual-beli dengan malaikat yang menyamar, tanpa saya ketahui sama sekali.

Pernah loh saya mengalami hal yang cukup unik, suatu hari saat saya berdagang di tempat saya, hari itu sungguh menjengkelkan karena hampir seharian tidak ada satupun pembeli yang datang dan tentu saja saya tidak mendapatkan uang. Ditambah lagi dengan uang saku saya untuk makan siang hanya pas-pasan saja untuk satu bungkus makanan, dan ternyata hari itu ada teman yang datang dan meminta makanan.

Saya yang memiliki uang pas-pasan itu akhirnya mengikhlaskan uang itu untuk teman saya dan hasilnya saya kelaparan karena tidak memiliki uang untuk membeli makanan. Namun entah kenapa tiba-tiba datang pembeli dari luar kota di saat saya mau menutup toko, dia membeli dagangan saya dengan muka yang aga dingin, hmm auranya agak aneh gimana gitu. Kalau pembeli biasa yang ada yang nawar atau tanya-tanya, kalau yang ini diam saja mau beli salah satu barang dan langsung bayar saja. Entahlah itu malaikat atau manusia biasa, namun terkadang membuat saya berfikir keras apakah benar manusia atau malaikat yang dikirim Allah SWT karena saya mau sodaqoh.

Saya orangnya yakin dengan hal-hal gaib semacam itu (tentu yang di jalan Allah SWT), saya yakin bahwa kalau kita mau menyedekahkan harta benda di jalan Allah SWT, maa Allah SWT akan menggantinya dari jalan yang tidak pernah kita duga smaa sekali. Yah barangkali benar itu malaikat Allah SWT.

Bagaimana dengan anda? Apakah anda pernah berfikir seperti saya?

Wirausahakan Updated at: 9:38 PM

0 komentar:

Post a Comment