Pentingnya Penampilan Diri dalam Menunjang Nilai Bisnis Anda

Di sebuah pasar malam ada 2 orang penjual kue, penjual pertama mengenakan kaos lusuh, celana pendek, dan sandal jepit membawa dagangannya keliling mengitari pasar malam untuk menawarkan kuenya. Sedangkan penjual yang satunya lagi memilih mendirikan sebuah lapak sederhana dengan payung yang meneduhi dagangannya, dia memakai pakaian rapi, kemeja cerah, celana panjang, dan memakai sepatu, tak lupa kepalanya memakai topi dan juga sarung tangan plastik.


Kedua penjual tersebut sama-sama berusaha untuk membuat dagangannya laku keras dengan caranya masing-masing, lalu menurut anda dagangan siapa yang lebih laris? Atau jika anda diberikan pilihan, maka anda lebih memilih untuk membeli kue kepada penjual yang mana? Saya rasa 70% akan mendatangi penjual kedua yang terlihat lebih rapi dan profesioanl, bukan?!

Itulah sebuah perbedaan kecil yang terkadang membawa dampak yang sangat besar, sebuah penampilan yang menunjang bisnis kita. Apakah anda pernah berfikir kenapa karyawan memakai seragam? Pelayan minimarket memakai seragam, penjual makanan dan minuman brand ternama wajib memakai seragam, dan mereka sangat-sangat rapi bahkan rela menghabiskan ratusan bahkan jutaan Rupiah hanya untuk penampilan diri saja. Jawabannya karena penampilan akan merubah pandangan orang lain terhadap apa yang kita tawarkan kepadanya.

Saya sendiri pernah mengalami hal ini, ketika saya berjualan dengan pakaian alakadarnya (kaos dan celana pendek), dibandingkan dengan saingan saya yang sudah profesional, karyawannya rapi memakai seragam dan cantik-cantik pula. Walau harga yang saya tawarkan lebih murah, toh nyatanya masih banyak orang yang lebih memilih untuk membeli ke tempat saingan saya, malah ada yang bilang kalau pelayanan di tempat saingan lebih baik. Ini yang membuat saya berfikir kenapa penampilan itu penting, ternyata dengan penampilan yang profesional bisa membuat pembeli menghargai apa yang kita tawarkan, dan tentu akan menambah nilai jual dari produk kita.

Silakan anda coba saja, jika saat ini anda adalah penjual yang tidak terlalu memikirkan pakaian dan gaya anda, cobalah dalam satu bulan untuk berpakaian rapi seakan anda mau menghadiri sebuah pesta resmi, dan rasakan perbedaan yang ada dalam bisnis anda. Kalau anda biasa memakai kaos, maka cobalah memakai kemeja yang rapi, lalu sisir rambut anda, ganti celana pendek anda dengan celana panjang (bahkan kalau perlu pakai celana kain warna hitam), lalu pakailah sepatu, dan wewangian.

Penampilan pakaian sangat penting dalam sebuah bisnis, sama seperti display dagangan anda, itu akan menunjukkan siapa anda dan seberapa tinggi nilai jual produk atau jasa yang anda tawarkan. Jadikan produk anda bernilai tinggi dengan tambahan pakaian anda yang rapi dan terkesan profesional.

Wirausahakan Updated at: 12:20 AM

0 komentar:

Post a Comment