Cara Kreatif Saya dalam Membuat Logo Bisnis Sambil Promosi

Suatu ketika saya dan rekan bisnis ingin mengganti logo usaha kami karena kami merasa bosan dan lagipula logo yang lama kurang menarik karena hanya sebuah tulisan singkat yang kurang atraktif. Saya dan rekan saya tidak bisa membuat logo karena kami tak mahir dalam memakai aplikasi semacam Photosop atau Corel Draw, jadi kami berencana untuk membayar orang agar membuatkan kami logo bisnis.

sumber gambar : kaskus
Sembari mencari desainer yang bagus dengan harga murah, saya memiliki ide yang cukup kreatif saat itu. Bukannya mencari desainer logo, saya malah membuat sebuah audisi terbuka kepada semua orang dengan menawarkan imbalan bagi yang mau membuatkan logo. Tak disangka banyak orang yang mengirimkan desainnya kepada saya, bahkan ada yang "memaksa" agar saya menerima hasil karyanya.

Saking banyaknya logo yang masuk, akhirnya saya harus meminta bantuan kepada saudara saya untuk memilih logo terbaik, dan akhirnya jatuh kepada salah satu yang menurut saya paling bagus. Saya memberikan imbalan kepadanya dan saya mendapatkan logo bisnis saya yang baru.

Namun cerita itu tak selesai sampai di situ, karena dari audisi dadakan saya, banyak orang yang akhirnya bertanya-tanya mengenai usaha saya, dan mereka yang tertarik akhirnya ada yang datang ke tempat usaha saya dan membeli produk saya, wow lumayan juga nih sekalian buat promosi.

Cara yang saya pakai juga dipakai oleh perusahaan besar seperti Pertamina, belum lama ini perusahaan minyak itu membuat audisi untuk umum, desain logo baru pertamina dipercayakan kepada khalayak umum dan buummm banyak sekali orang yang berkontribusi dalam audisi itu. Bayangkan jika Pertamina adalah usaha baru anda, tentunya itu adalah pengenalan usaha yang sangat kreatif dan tepat.

Sebuah logo memberikan kesan kepada orang banyak, misalnya saja anda melihat sebuah logo apel yang ada bekas gigitannya, tentu saja anda tahu itu adalah logo perusahaan Apple. Pun juga dengan logo lain semisal Nike, Adidas, PlayStation, Windows, McD, KFC, dan lain sebagainya. Logo sangat berguna untuk dijadikan sebagai tanda pengenal sebuah bisnis, dan dengan adanya logo maka usaha anda seakan diwakilkan di dalamnya.

Untuk membuat sebuah logo usaha, tentunya anda harus mempertimbangkan jenis usaha anda, pesan apa yang akan anda sisipkan dalam logo tersebut, lalu harapan anda, dan tentunya promosi apa yang anda inginkan dengan adanya logo itu. Tips yang paling penting untuk anda adalah jangan sampai mencoba berbuat nakal dengan meniru logo lain karena sudah banyak kasus pelanggaran yang akhirnya menjadi pidana karena logo yang diduga tiruan.

Wirausahakan Updated at: 6:24 AM

0 komentar:

Post a Comment