Peluang Usaha Musiman, Jasa Penitipan Barang

Berawal dari pengalaman musim mudik lebaran kemarin, rata-rata para peratau yang ada di kota besar akan segera mudik ke kampung halamannya. Nah ternyata ketika mereka mudik, satu keluarga biasanya dibawa semua dan meninggalkan berbagai harta benda berharga di dalam rumahnya, tentu saja ini sangat berbahaya karena tindak kriminal akan meningkat karena ada sebuah kesempatan.


Beberapa pengusaha kemudian melirik peluang bisnis ini, mereka membuka jasa penitipan barang di beberapa titik keramaian yang ada, diantaranya stasiun, terminal, dan beberapa tempat lain. Omset mereka selama lebaran sangat melimpah, bahkan terkadang gudang penyimpanan mereka sampai overload karena banyaknya pelanggan yang menitipkan barang berharga mereka seperti motor, mobil, TV, dan berbagai koleksi mahal mereka.

Peluang usaha jasa penitipan barang sebenarnya terbuka lebar, sayangnya kelemahan usaha ini adalah bergantungnya omset mereka dengan musim liburan yang ada, karena di hari-hari biasa hanya sedikit saja yang menitipkan barang. Sasaran utama dalam usaha ini adalah para perantau yang menjadi pekerja, pelajar, mahasiswa, biasanya mereka akan menitipkan barangnya saat mudik ke kampung halaman.

Beberapa tips untuk memulai dan menjalankan usaha penitipan barang diantaranya adalah dengan menyediakan tempat yang luas dan aman, berikan kepercayaan kepada calon pelanggan, dan berikan kenyamanan kepada mereka. Untuk menjalankan usaha ini tentu saja harus bersabar menunggu musim liburan, namun anda tetap bisa berusaha mempromosikan bisnis ini melalui media online maupun offline. Jagalah kepercayaan pelanggan karena ini adalah usaha di bidang jasa, kalau pelanggan puas maka mereka akan memberikan uangnya dengan ikhlas.

Biaya penitipan barang beragam harganya, misalnya saja untuk sepeda motor biasanya dalam satu hari dibebani biaya antara 30-50 ribu. Yang saya lihat di beberapa terminal dan stasiun, ternyata banyak sekali motor yang dititipkan, jumlahnya ratusan dan silakan kalikan sendiri berapa omsetnya kalau sebanyak itu.

Usaha ini adalah usaha yang belum banyak memiliki pesaing, selain karena bisnis musiman, tempat yang luas menjadi salah satu problema untuk menjalankan usaha ini, namun bagi anda yang ingin mencobanya silakan saja, barangkali usaha ini cocok dengan anda.

Wirausahakan Updated at: 12:16 AM

0 komentar:

Post a Comment