Cara Sederhana Saya Meningkatkan Penjualan Produk Usaha

Saya adalah seorang pedagang muda yang masih berjuang dalam dunia usaha, modal usaha saya terbilang sangat kecil, pengalaman saya masih minim, jaringan usaha apalagi (kebanyakan teman saya para pegawai), namun saya adalah orang yang mau belajar dan berinovasi.


Pernahkah anda mengalami keterpurukan dalam dunia usaha yang anda geluti? Dagangan sepi, omset menurun, keuntungan kecil, usaha segitu-gitu saja tidak berkembang, dan pembeli yang datang tidak kembali lagi ke tempat anda. Yah, saya mengalami hal ini, dan itu adalah pengalaman baik dan buruk bagi karir saya dalam dunia usaha. Baik karena dengan pengalaman itu, saya bisa introspeksi diri dan buruk karena saya sangat down saat itu, untungnya masih ada sisa semangat yang bisa diperjuangkan.

Penjualan produk saya terbilang lancar di awal usaha, namun saya terlalu santai dan malas sehingga lama kelamaan usaha yang sudah mulai dikenal menjadi sepi dan akhirnya penjualan turun drastis. Bayangkan saja, omset dalam satu bulan masih lebih kecil jika dibandingkan dengan keuntungan bulan sebelumnya, sangat tidak beres.

Saya berusaha keras untuk meningkatkan penjualan, dan membenahi berbagai kekurangan saya dan usaha saya, dan alhasil selang beberapa waktu akhirnya penjualan meningkat bahkan hingga 2-3x lipat. Saya hanya melakukan beberapa hal sederhana untuk mendongkrak penjualan saya, berikut adalah hal-hal sederhana yang saya lakukan untuk meningkatkan penjualan produk bisnis saya :
  • Saya membenahi diri saya sendiri, mulai dari gaya berpakaian, gaya melayani pembeli, keaktifan saya terhadap usaha, kebersihan diri, dan berbagai hal pribadi lainnya. Intinya saya berfikir bahwa pembeli yang datang adalah raja, saya harus melayaninya dengan sebaik-baiknya. Hasilnya, beberapa pembeli akhirnya merasa nyaman dan saya bisa menjalin hubungan di luar usaha, hal ini membuat penjualan saya meningkat karena "teman baru" saya itu ikut mempromosikan usaha saya secara sukarela tanpa saya memintanya.
  • Tempat usaha saya sebelumnya sangat kotor karena saya orangnya malas, bukanya telat terus, dan tutup seenaknya sendiri, sehingga terkadang ada pembeli yang sudah datang namun toko masih tutup. Saya membenahi usaha saya itu, membersihkannya, menata kembali supaya lebih rapi, dan jam buka yang tepat. Hal ini sangat berpengaruh karena ternyata banyak pelanggan yang datang saat saya rajin bersih-bersih dan semangat dalam usaha.
  • Produk yang saya jual saya tambah! Terkadang dalam keadaan penjualan sepi, banyak pengusaha yang enggan menambah barang jualannya, namun saya malah menambah produk dan nyatanya itu membuat saya mendapatkan pembeli baru yang menyukai produk baru saya. Sesuatu yang cukup unik namun ternyata berguna, yah seperti halnya sedekah di kala susah, maka itu lebih berharga bukan?
  • Promosi yang sebelumnya jarang saya tambah lagi, sedikit demi sedikit saya menambah promosi dari online dan offline, dan boommm pelanggan bertambah tiap harinya, bahkan saya merasa kerepotan saat banyak pelanggan dan orderan yang datang.
  • Benahi ibadahmu, maka Allah akan benahi rejekimu!
  • Yakinlah bahwa keadaan buruk tidak selamanya seperti keadaan bahagian yang hanya sementara saja, hidup ini berputar kawan, jangan menyesali keburukan yang menimpamu dan jangan puas dengan kebahagiaanmu.
Dari hal-hal sederhana itu, saya sudah membuktikan bahwa saya bisa meningkatkan penjualan produk usaha saya, tentunya itu semua atas izin Allah SWT. Namun saya yakin Allah SWT juga menghargai perjuangan kita, pikir saja lah, yang nganggur aja masih dikasih rejeki apalagi yang mau berusaha!

Wirausahakan Updated at: 12:15 AM

0 komentar:

Post a Comment