Cara Membuat Surat Penawaran Bisnis yang Benar

Surat penawaran bisnis adalah sebuah surat resmi yang dibuat untuk keperluan menawarkan barang atau jasa yang ditujukkan kepada salah satu rekan bisnis lain yang potensial, dalam hal ini tentunya dengan penawaran yang resmi dan profesional. Surat ini terbilang sangat penting karena memiliki manfaat yang besar, tentunya untuk usaha yang sudah semi profesional maupun yang sudah profesional.

contoh surat penawaran bisnis di google image
Gambaran fungsi surat bisnis ini cukup mudah, misalnya saya punya sebuah pabrik yang memproduksi makanan ringan, kemudian saya ingin mengisi minimarket A dengan produk saya. Karena minimarket A adalah sebuah badan usaha yang profesional, maka saya mengirimkan surat penawaran resmi kepadanya agar minimarket A mau bekerja sama dengan pabrik saya.

Untuk membuat sebuah surat penawaran yang baik dan benar sebenarnya mudah saja, di internet sudah banyak yang memberikan contohnya, jadi saya tidak akan penjang lebar menuliskannya di sini. Namun saya akan memberikan beberapa catatan penting dalam pembuatan surat penawaran produk atau jasa ini, berikut adalah hal yang harus diperhatikan :
  • Pastikan usaha anda sudah resmi dan diakui, paling tidak usaha anda sudah ber-SIUP dan sudah membayar pajak kepada negara. Hal ini sangat penting karena menyangkut kepercayaan dari perusahaan lain, lagipula anda tidak bisa bekerjasama dengan dinas pemerintahan jika usaha anda belum ber-SIUP.
  • Pada kepala surat, harus ada nama perusahaan atau usaha resmi anda, alamat dan kontak, nama dan tujuan surat, dan berbagai hal resmi yang biasa ada di dalam surat seperti no halaman, keperluan, dan lain sebagainya.
  • Pada bagian berikutnya adalah pengenalan usaha, misalnya saja jenis perusahaan, jenis produk atau jasa, kualitas, harga, dan berbagai hal yang intinya mempromosikan usaha yang ditawarkan tersebut.
  • Kemudian bagian isi intinya menawarkan kerja sama kepada perusahaan atau dinas yang dituju, tentu dengan kata-kata yang baik dan benar, sopan santun dan meyakinkan. Kita juga bisa menambahkan diskon atau apalah yang bisa menarik perhatian yang ditawarkan.
  • Di bagian terakhir jangan lupa untuk mengucapkan terimakasih dan harapan sambutan positif atas penawaran usaha ini.
  • Alangkah lebih baik kalau kita mengirimkan surat penawaran ini melalui POS, karena nyatanya dengan pengiriman melalui POS maka sebagian orang akan menganggap bahwa ini adalah surat yang penting.
Dalam surat penawaran bisnis, alangkah baiknya kita memprofesionalkan usaha kita terlebih dahulu, lalu pelajari siapa yang akan kita kirimi surat penawaran itu, dan tentunya tetaplah berdo'a dan berharap kepada Tuhan karena kita hanya berusaha, sementara Tuhan yang menentukan.

Sebagai tambahan informasi saja, saya memiliki teman yang sudah cukup sukses dengan surat penawaran bisnis ini, dia sudah memiliki banyak rekan bisnis dari berbagai dinas yang ada di sekitar tempat usahanya itu dengan promosi melalui surat penawaran ini. Dalam sekali kerjasama, dia bisa mendapatkan omset puluhan bahkan ratusan juta banyaknya, dan tentu saja ini adalah sebuah peluang untuk mengembangkan usaha dengan cara yang benar.

Wirausahakan Updated at: 12:26 AM

0 komentar:

Post a Comment