Manfaat & Cara Membuat Laporan Keuangan Usaha

Laporan keuangan adalah sebuah kumpulan data yang berisi tentang kondisi keuangan sebuah usaha atau bisnis, biasanya dalam bentuk neraca, laporan laba-rugi, laporan aset, laporan arus kas, dan lain sebagainya. Bagi seorang yang ahli dalam bidang akuntansi, pastinya sudah tidak heran dengan laporan keuangan yang menurut saya sangat kompleks ini.

contoh laporan keuangan di google image
Setiap perusahaan besar pastinya memiliki akuntan yang mengurusi laporan keuangan, hal ini sangat penting untuk kelangsungan hidup perusahaan itu, dan pertanggung jawaban setiap detail kegiatan yang mereka lakukan. Hal ini adalah contoh sebuah bisnis yang sudah profesional, dan kita-kita yang masih newbie dalam dunia usaha ini, alangkah baiknya sedikit demi sedikit belajar dan mengenal apa itu laporan keuangan, karena nyatanya banyak sekali manfaatnya.

Laporan keuangan bisa dijadikan sebagai alat pengontrol keuangan usaha, misalnya saja dalam sebuah usaha sedang mengalami penurunan, maka bisa dilihat dari laporan yang ada, dan bisa mengantisipasi kesalahan dengan cepat. Lalu dengan adanya laporan ini, maka anda bisa mempertimbangkan tindakan yang tepat, misalnya saja usaha anda sedang maju dan laporan keuangan meningkat, maka anda bisa menambah karyawan atau menambah barang lain sebagai aset. Selain itu, laporan keuangan juga dipakai untuk menghitung pajak dan urusan dengan dengan pihak ketiga, misalnya investor atau bank.

Untuk membuat laporan keuangan secara singkat kita harus membuat laporan neraca, laba rugi, perubahan modal, arus kas, detail catatan keuangan, dan jurnal yang disususn secara rapi dan lengkap sedetail-detailnya. Untuk membuat laporan keuangan, biasanya menggunakan Excel atau kalau mau yang lebih mudah maka anda harus membeli aplikasi laporan keuangan yang harganya lumayan mahal. Saya tidak akan menuliskan bagaimana tahap demi tahap dalam membuat laporan keuangan di sini, anda bisa mencarinya di internet karena banyak artikel mengenai pembuatannya secara rinci.

Usaha adalah sebuah pondasi yang ribet, kalau anda membiarkannya tumbuh tanpa terkendali maka ada 2 hal yang bisa menimpa anda, yang pertama adalah anda kehilangan keuntungan karena salah dalam pendataan usaha dan yang kedua anda akan diterpa masalah karena penggunaan modal tanpa menyadarinya. Dan laporan keuangan adalah sesuatu yang anda butuhkan dalam usaha, sebuah data yang mengendalikan bagaimana laju usaha anda ke depannya.

Wirausahakan Updated at: 12:28 AM

0 komentar:

Post a Comment