Inilah Pentingnya Komunitas & Kerjasama Bisnis Untuk Pengusaha

Dunia usaha sebenarnya hampir sama dengan dunia sosial kita, ketika anda memiliki banyak teman dan bisa bersosial dengan baik, maka anda adalah orang yang sukses dalam dunia sosial. Begitu pula dengan para pengusaha, silakan anda cek sendiri para pengusaha sukses yang anda kenal, pastinya mereka memiliki rekan bisnis dan komunitas yang menjadi wadah bagi mereka.


Terkadang saya sendiri merasa enggan untuk masuk dalam sebuah komunitas, saya orangnya malas untuk hal-hal yang ribet, namun saya sendiri merasakan bagaimana kelambanan usaha saya karena tidak masuk dalam sebuah komunitas bisnis. Ternyata di dalam komunitas terdapat banyak keuntungan untuk usaha kita, namun sayangnya kita kurang peka dengan keuntungan tersebut.

Komunitas akan membuat kita mengenal berbagai macam karakter pengusaha yang ada di sekitar kita, dan bukan tidak mungkin mereka akan memberikan kita inspirasi bisnis yang sesuai dengan keinginan kita. Di dalam sebuah komunitas kita juga bisa menanyakan berbagai hal yang kurang kita pahami, mereka adalah orang-orang yang baik karena mau memberikan saran dan kritik yang membangun. Saran saya, jika saat ini anda telah memiliki sebuah usaha, maka segeralah cari sebuah komunitas dan bergabunglah di dalamnya, aktif dan buatlah usaha anda terkenal di dalamnya.

Tak berbeda dengan sebuah kerja sama bisnis, saya mendapatkan banyak reseller dari kerja sama yang tidak saya duga. Hal ini juga saat saya masuk dalam sebuah komunitas jual-beli di salah satu forum, saya mempromosikan produk saya dan ternyata banyak pengusaha yang berminat dan akhirnya menjalin kerjasama dengan saya hingga saat ini.

Secara logika saja, kalau anda adalah orang yang tak punya teman dan hidup menyendiri, maka saya rasa anda akan sulit menemukan hal baru dalam hidup dan anda akan kesulitan dalam menemukan hal baru yang hanya ada saat anda mau berbaur dengan orang lain. Begitu pula dengan dunia bisnis yang akan semakin berkembang kalau anda melihat hal baru, mempelajarinya, dan mengimplementasikannya dalam bisnis anda sendiri.

Wirausahakan Updated at: 12:20 AM

0 komentar:

Post a Comment