Cara Mudah Memulai Usaha Perlengkapan Olahraga

Perlengkapan olahraga adalah salah satu peluang usaha yang saat ini masih terbuka lebar untuk anda geluti, selain peminat yang semakin banyak, ternyata pesaing dalam bisnis yang satu ini terbilang masih kecil padahal potensi sukses dalam bisnis ini sangat prospek untuk dijalani.


Alasan kenapa tidak banyak pesaing dalam bisnis perlengkapan olahraga adalah karena kurangnya informasi, kurangnya modal usaha, minimnya pengetahuan, dan pergaulan yang kurang luas. Tentu saja faktor utama seperti niat dan semangat tetap menjadi faktor utama keberhasilan seorang pengusaha.

Untuk memulai bisnis perlengkapan olahraga ternyata sangatlah mudah, saya mengalami perjuangan ini sendiri saat saya mulai masuk dalam bisnis yang satu ini. Ceritanya saya adalah seorang yang hobi dengan sepak bola, saya sering membeli jersey, sepatu, dan berbagai perlengkapan untuk sepak bola. Ide usaha muncul namun saya tidak memiliki modal, akhirnya saya putar otak dan berkenalan dengan salah satu penjual, dari dia saya mendapatkan peluang untuk ikut dalam jaringan bisnisnya, saya hanya perlu menawarkan barang dagangannya dan kalau ada yang minat baru saya ambil barang dulu bayarnya belakangan (dia orangnya baik). Dari usaha itu, saya mendapatkan beberapa ratus ribu tiap minggunya untuk tambahan penghasilan, namun saya menghentikan usaha itu karena saya ingin fokus dengan usaha saya sendiri.

Nah percaya gak percaya, ternyata teman saya yang kini sudah terbilang sukses dengan toko perlengkapan olahraganya itu memulainya dari 0 seperti saya, dia hanya menjadi dropshipper perlengkapan olahraga, lalu dia menjadi reseller hingga akhirnya menjadi pengusaha muda dengan modal yang sebagian besar dari keuntungan penjualan saat menjadi dropshipper dan reseller sebelumnya.

Namun kalau anda adalah orang yang memiliki modal untuk membuka usaha ini, itu lebih baik karena anda akan langsung terjun dalam dunia usaha sesungguhnya. Berikut adalah beberapa tips usaha agar anda bisa membuka usaha perlengkapan olahraga dengan mudah :
  1. Anda wajib memiliki pengetahuan dengan dunia olahraga, saya kasih bocorannya yang paling populer diantaranya adalah sepakbola, basket, sepeda, otomotif, dan lain sebagainya. Kalau anda bisa menemukan olahraga yang populer di sekitar lingkungan anda, maka banyak orang yang sedang mencari perlengkapan olahraga tersebut.
  2. Masuk ke dalam komunitas olahraga, kalau saya biasanya ikut sepak bola, futsal, sepeda, otomotif, dan terkadang gabung sama pemanjat gunung. Saya cari teman sebanyak-banyaknya dan mulailah saya memperkenalkan usaha saya sedikit demi sedikit, hal ini penting agar anda dianggap teman, bukan penjual.
  3. Lengkapi sedikit demi sedikit perlengkaan olahraga di tempat usaha anda, jersey, jaket, sepatu, kaos kaki, celana, dan lain sebagainya biasanya adalah barang yang paling laris di toko. Selain itu ada juga aksesoris olahraga seperti topi, poster, stiker, mug, dll yang ternyata memberikan banyak keuntungan loh.
  4. Carilah reseller sebanyak-banyaknya dari komunitas yang anda masuki, berikan kesempatan bagi teman anda untuk mendapatkan peluang penghasilan tambahan dari anda, jika anda sudah punya 10 reseller aktif maka paling tidak dalam satu bulan anda bisa mendapatkan omset tambahan hingga 50%.
  5. Promosikan usaha di media online dan oflline, kalau saya lebih senang di media online karena menyakup banyak orang dari banyak daerah tentunya.
  6. Perbanyak jaringan, perbanyak omset, dan perbanyak barang yang anda jual, maka anda semakin dekat dengan kesuksesan.
Sedikit tips untuk anda yang ingin membuka usaha perlengkapan olahraga, silakan pilih salah satu olahraga yang anda minati dan ketahui, lalu mulailah dapatkan keuntungan dari hobi anda tersebut. Salah satu pekerjaan yang paling menyenangkan adalah saat hobi anda dibayar.

Wirausahakan Updated at: 12:24 AM

0 komentar:

Post a Comment