Tips Sukses Menjadi Pengusaha Kontrakan & Kost

Kontrakan atau kost adalah salah satu jenis investasi yang saat ini dipilih oleh sebagian orang yang memiliki tanah luas maupun modal besar. Dengan semakin banyaknya pendatang di daerahnya, membuat sebuah peluang usaha yang menguntungkan bagi sebagian orang. Namun nyatanya sebagian lainnya yang memulai usaha ini malah bangkrut, kenapa?

Sebenarnya untuk memulai usaha kontarak atau kost yang menguntungkan, paling tidak kita sudah harus tahu apa saja yang dibutuhkan, berapa modalnya, target sewa perbulan/pertahun dari masing-masing bangunan invstasi kita tersebut. Perencanaan yang baik akan mempermudah jalannya usaha itu, dan perencanaan yang asal-asalan nyatanya banyak menyebabkan kerugian dan hanya menyiak-nyiakan uang saja.

Memulai bisnis kontrakan maupun kost atau bahkan kios dan ruko sebenarnya memiliki konsep yang sama, yang penting ada tempat strategis, modal untuk membuat bangunan, perlengkapan fasilitas, dan promosi yang baik. Saya pernah ngobrol dengan bapak-bapak yang memiliki kost 40 kamar, harga sewanya murah dan dia memberikan aturan yang cukup ketat untuk penghuni kost tersebut, jam 10 malam harus sudah pulang ke kamar. Dia juga memberikan potongan harga bahkan sewa kamar gratis kepada mahasiswi yatim piatu, hmm mungkin ini salah satu hal yang membuat kost si bapak ini terus berjalan dan menguntungkan untuknya dan keluarga.

Untuk membangun kontrakan memang membutuhkan dana yang besar, kemarin saya sempat mendengar kabar bahwa untuk membangun kost 2 lantai dengan 36 kamar di dekat tempat saya, menghabiskan dana hingga 2 M besarnya. Kini kost tersebut disewakan dengan harga sekitar 400ribu (kalau tidak salah dengar) dengan fasilitas alakadarnya, cukup murah untuk kota di pinggiran. Andaikan 36 x 400 = Rp 14.400.000, 00 atau sekitar 10jutaan dalam satu bulan bisa masuk ke kantong seteah dipotong pengeluaran.

Selain menyewakan kamar, pemilik juga bisa membuat warung atau counter pulsa untuk menyediakan makanan kepada para penghuni kost, dan hal ini ternyata membawa dampak yang luar biasa untuk membuat kost ramai dan pemasukan bertambah banyak.

sumber gambar : informasikost.com

Kost, kontrakan, kios, ruko, dan rumah yang dikontrakan adalah investasi yang saat ini banyak dipilih oleh orang lain, dan yang membuat saya cukup takjub adalah sebagian dari mereka tidak mengeluarkan modal untuk memiliki kontrakan tersebut, hmmm rupanya jiwa usaha mereka memang pantas diacungi jempol.

Wirausahakan Updated at: 3:15 AM

0 komentar:

Post a Comment