Bisakah Kita Sukses Berbisnis di Ebay & Amazon?

Selama saya mengenal dunia internet, saya sering membaca beberapa artikel tentang toko online besar di dunia ini, diantara banyaknya toko online yang terkenal itu, saya tertarik dengan 2 nama besar yang ada yaitu Ebay dan Amazon yang berasal dari Amerika. Menurut saya kedua toko online ini adalah yang memiliki pangsa pasar terbesar jika dibandingkan yang lain (untuk Asia saat ini sepertinya dikuasai oleh Alibaba).

Saya di Indonesia, di kota kecil dan tidak memiliki pengalaman dengan transaksi antar negara, namun saya juga tertarik untuk bisa sukses melalui 2 situs e-commerce itu. Sering saya mencari informasi di internet dengan pencarian "cara sukses di amazon", "cara jualan di ebay", dan berbagai kata kunci lain yang membuat saya semakin tertarik dengan 2 situs ini. Dan sedikit demi sedikit saya mulai mengetahui seluk beluk 2 situs ini, bagaimana sistem bisnisnya, dan bagaimana prospek untuk sukses di dalamnya.

Ke-kepo-an saya membawa saya untuk membaca berbagai artikel yang ada, dan saya kaget ketika ternyata banyak orang Indonesia yang bisa sukses dengan aktif di dalam situs jual-beli terbesar ini. Dari beberapa artikel yang saya baca, kesuksesan orang Indonesia di Amazon dan Ebay biasanya melalui beberapa cara, diantaranya adalah :
  • Mengikuti program Afiliasi Amazon
Salah satu cara yang paling banyak dijalani oleh para Internet Marketing dari Indonesia dan negara lainnya adalah dengan mengikuti program afiliasi yang diadakan oleh Amazon. Dengan cara membuat website berbahasa Inggris, mendaftar program affiliate, memilih produk, memasarkan di website-nya, dan ketika ada pengunjung website yang akhirnya membeli melalui link di website, maka akan mendapat komisi dari penjualan tersebut, besarnya komisi yang diberikan sangat beragam, ada yang dibawah $1 diatas $10. Salah satu pengakuan sukses dari program afiliasi amazon menyebutkan bahwa dalam satu bulan dia bisa mendapatkan komisi hingga $2000 (sekitar 20jutaan lebih banyak) yang dikirimkan melalui paypal.
  • Menjadi Dropshipper di Amazon dan Ebay
Dropship adalah salah satu cara menjadi penjual tanpa modal, yah cara yang satu ini sudah terbukti bisa membuat banyak orang sukses tanpa modal awal usaha. Dan di Amazon ataupun Ebay, peluang menjadi dropship sangat-sangat terbuka lebar untuk dijelajahi. Salah satu dropshipper sukses mengaku bahwa tiap bulan dia bisa mendapatkan keuntungan hingga puluhan juta hanya dengan menjualkan barang milik orang lain di sana.
  • Menjadi penjual langsung
Kalau misalnya anda memiliki produk unik yang cukup diminati dan anda ingin mencoba pasar luar negri, mungkin dengan jualan di kedua situs ini anda bisa mengembangkan usaha ke pasar luar negri. Beberapa waktu yang lalu juga ada yang menjual sendal jepit khas indonesia yang kalau di negara kita harganya cuma 10ribu, namun di situs itu dibandrol dengan harga $20 (sekitar 270ribu Rupiah). Dengan menjual produk ke luar negri, tentu harganya bisa dinaikkan dengan signifikan karena biasanya orang bule rela merogoh koceknya dalam-dalam kalau menyukai suatu produk.
  • Menjadi reseller dan mengambil pasar Indonesia
Membeli barang dari luar negri lalu menjualnya di Indonesia? Tentu bisa! Toh nyatanya kebanyakan produk yang beredar di negara kita adalah buatan luar negri, sayangnya kebanyakan dikuasai oleh distributor besar yang sudah memiliki pengalaman. Kalau kita punya niat, tentu saja kita bisa memulai menjadi reseller suatu produk dan memasarkannya di negara kita, yang penting tahu kualitas dan harga yang bisa dipasang. Beberapa waktu yang lalu saya melihat sebuah pengakuan di forum yang mengatakan bahwa dia mendapat keuntungan ratusan juta hanya dengan menjual barang unik dari luar negri, tentu pasar lokalnya juga dengan mengincar orang yang khusus (dompetnya tebel).


Rasanya tidak mustahil juga sih kalau kita punya keinginan untuk mencicipi kesuksesan dengan berbisnis melalui Ebay maupun Amazon, asalkan ada niat dan kemauan, mau belajar dan bekerja keras, yakin dan berusaha terus menerus, tentunya akan ada jalan untuk meraih kesuksesan di bisnis online ini.

Wirausahakan Updated at: 9:27 AM

1 komentar: