Tips Sukses Berbisnis Barang Bekas Via Online & Offline

Barang bekas merupakan salah satu barang yang kurang begitu diminati oleh sebagian orang karena statusnya yang "bekas pakai", namun bagi sebagian orang yang kreatif adalah sebuah ladang emas yang belum terjamah oleh orang lain.


Cerita tentang pengusaha sukses yang bergelut di dalam bisnis barang bekas sudah sangat banyak diliput oleh media, entah itu jual-beli secara langsung seperti rongsokan, atau barang yang didaur ulang menjadi kerajinan tangan atau yang lainnya dengan harga yang cukup tinggi mengingat bahan bakunya yang bekas pakai.

Sebenarnya menjual barang bekas juga membutuhkan trik yang khusus, ada tips yang wajib kita pakai agar mudah menjual barang bekas, berikut adalah tips menjual barang bekas melalui media online maupun offline :
  • Pastikan kondisi barang yang dijual sama dengan gambar dan deskripsi barang yang dipromosikan, jangan membohongi pembeli karena bisa jadi anda malah terkena kasus penipuan.
  • Gunakan keterangan yang jelas tentang barang yang dijual, baik kelebihan maupun kekurangan yang ada di dalamnya.
  • Berikan harga yang wajar, biasanya untuk menentukan harga bekas suatu barang berkisar di angka 50-80% dari harga belinya, dan itu juga tergantung kualitas dan keadaan pasar.
  • Ambillah tempat yang sesuai, misalnya di pasar mau jual barang bekas masih laku, namun kalau di sebuah event sepertinya agak susah kecuali barang itu unik dan antik.
Walau terlihat sama seperti tips menjual produk baru, namun ada sebagian hal yang berbeda mengingat keadaan barang yang sudah dipakai terlebih dahulu, dan tentu saja biasanya lebih dekat dengan keadaan rusak atau usang.

Bisnis jual-beli barang bekas saat ini sangat populer, dari pantauan saya di forum jual beli online seperti fjb Kaskus, Grup jual-beli FB, OLX, Bukalapak, Toped, dan berbagai situs jual beli lainnya banyak sekali para penjual dan pembeli yang bertransaksi untuk barang bekas, terutama HP atau laptop.

Keuntungan dari bisnis barang bekas bisa dibilang lumayan besar, keuntungannya bukan dari kisaran 20-50% seperti barang baru, namun bisa 10x lipat dari harga belinya. Keuntungan ini tentu saja membutuhkan skil dan pengetahuan khusus tentang kondisi barang yang dijual.

Prospek bisnis barang bekas juga menurut saya lumayan bagus, buktinya para penjual baju bekas di pasar masih terus bertahan dan malah ada yang semakin maju usahanya. Mereka berhasil meyakinkan pembeli bahwa barang yang dijualnya masih bagus walau kondisinya bekas pakai. Apalagi kalau barang bekasnya semisal besi atau rongsokan lain yang memiliki nilai jual yang tinggi, mantap banget buat nyari untung.

Wirausahakan Updated at: 11:15 PM

0 komentar:

Post a Comment