Cara Mengiklankan Produk / Jasa Secara Gratis

Iklan atau pariwara adalah sebuah kegiatan untuk mempromosikan berbagai hal seperti produk, jasa, data diri, dan lain sebagainya dengan harapan banyak orang akan melihat, mengetahui, membeli, dan memakai berbagai hal yang kita tawarkan.


Dalam dunia usaha, iklan adalah hal yang sangat penting untuk pengembangan bisnis maupun eksistensi usaha yang dijalankan. Bisa kita lihat bagaimana brand-brand besar yang sudah terkenal masih terus menerus mengiklankan produknya, baik melalui TV, Radio, majalah, koran, internet, dan berbagai event yang digelar guna menjaring masyarakat. Yang sudah besar saja masih mengiklan, kenapa yang baru berkembang ogah untuk beriklan? Kan lucu!

Memang tarif iklan terbilang mahal untuk kalangan pengusaha muda, saya pernah ditawari oleh agen koran yang tidak begitu terkenal, satu slot iklan kecil saja bertarif di kisaran 1juta, dan hanya tayang beberapa hari di koran tersebut. Bisa anda bayangkan berapa yang mereka dapatkan dari ratusan iklan yang setiap bulan mereka dapatkan. Media yang lebih modern seperti TV tentu punya tarif yang lebih mahal, saya pernah membaca salah satu artikel iklan yang mengatakan bahwa tarif iklan di TV sekitar 5juta setiap kali tayang, jadi berapa puluh/ratus juta biaya yang dikeluarkan untuk sekedar promosi?

Media iklan sangat banyak, seperti yang sudah saya tuliskan di atas, mereka punya tarif yang berbeda dan pangsa pasar yang berbeda pula, lalu bagaimana nasib para pemula yang ingin beriklan namun belum memiliki biaya yang terbilang mahal tersebut?

Untungnya saat ini banyak sekali media untuk melakukan iklan gratis, kebanyakan dari media online yang memang sedang sangat populer saat ini. Namun saya juga pernah punya pengalaman beriklan gratis di koran, saat itu datang wartawan yang meliput dagangan saya dan dia memberikan iklan gratis untuk saya (metode promosi perusahaan koran tersebut).

Dari pengalaman saya selama ini, ternyata banyak media yang bisa dijadikan ajang promosi gratis kita, apa saja media tersebut, inilah daftarnya yang bisa anda pilih :
  • Media sosial seperti facebook, twitter, instagram, Google +, Linkedln, Tumblr, Snapshat, dll. Di sosmed ini, kita bisa merubah postingan pribadi menjadi sebuah promosi yang sangat menarik, apalagi kalau teman/followernya banyak, beuhhh mantap banget buat promosi. Dan yang membuat anda harus promosi di media sosial adalah karena GRATIS, namun ada yang berbayar juga dengan fitur yang lebih pro dan mudah.
  • Website atau blog juga bisa dijadikan media beriklan gratis, namun paling tidak anda harus memiliki sebuah blog yang kemudian anda isi dengan artikel tentang produk atau jasa yang anda tawarkan. Saya pribadi memakai blog untuk mengiklankan produk saya, dan hasilnya banyak sekali pengunjung yang datang darinya.
  • Situs / forum jual beli bisa anda pilih sebagai media beriklan gratis yang aman dan nyaman, ini adalah pasarnya media online dimana penjual dan pembeli memiliki satu tempat untuk melakukan transaksi. Situs seperti OLX, Tokopedia, Bukalapak, Jualo, FJB Kaskus, dan lain sebagainya.
Selain di media online, sebenarnya kalau kita pahami dengan seksama, di media offline juga banyak sekali cara untuk beriklan secara gratis misalnya dengan jaringan mulut ke mulut, spanduk (gratis kalau dapat dari promo :P), dan event-event yang diadakan di tempat ramai dengan tujuan mengenalkan produk dan jasa kita.

Sudah saatnya anda mempromosikan dan mengembangkan usaha anda, beriklanlah dengan gencar, kalau tidak punya modal untuk mengiklankan usaha melalui media iklan, kita masih bisa mengiklankan usaha melalui media periklanan gratis.

Wirausahakan Updated at: 6:49 AM

0 komentar:

Post a Comment