Cara Mengenmbangkan Usaha Kecil Agar Lebih Profesional & Menguntungkan

Andaikan saja saat ini anda memiliki sebuah usaha kecil yang sudah mulai berjalan, misalnya saja anda adalah seorang pengusaha es cendol, atau es kelapa muda, atau bahkan penjual tahu bulat yang menjajakan dagangan di pinggir jalan. Tentu saja anda ingin sukses dan mengembangkan usaha anda tersebut, namun terkadang rasanya buntu karena tidak ada contoh yang dapat ditiru, atau kita terkadang merasa sudah cukup puas di angka yang segitu saja.


Untuk bisa mengembangkan usaha yang sedang berjalan, ada baiknya melakukan multiplikasi bisnis ketika sudah berumur satu tahun atau leih. Jadi dari sekarang sisihkan 50% keuntungan bersih yang ada selama 3 bulan berturut-turut, lalu buka cabang lain dengan tempat dalam radius maksimal 2 kilometer dari tempat usaha selama ini. Tapi kira-kira siapa yang jaga tempat yang satu lagi? Nah dimasa menabung itu anda sudah sekalian training satu calon pegawai yang tepat.

Dan seperti yang sudah saya tuliskan dulu, sebuah usaha harus memiliki nama, dan itu sangat penting untuk kemajuan kedepannya. Keuntungan yang bisa didapat diantaranya pelanggan jadi lebih mudah mengenal usaha anda. Dan keuntungan dari identitas bisnis, jadi kalau sewaktu-waktu pindah tempat usaha, pelanggan akan tetap mengenal usaha anda dan akan mencarinya serta menemukan dengan mudah karena anda sudah punya identitas usaha sendiri.

Jadi strategi multiplaksinya, nanti setelah pas berusia satu tahun anda minimal sudah punya satu cabang (taruh didepan sekolah, SPBU, atau keliling). Begitu masuk bulan ke-6 buka cabang lagi, terus dilakukan sampai tahun kedua berakhir (punya 3 cabang). Selanjutnya bisa dibuka tiap 4/6 bulan sekali, nanti diakhir tahun ketiga minimal anda sudah punya 5 Cabang, ini namanya strategi multiplikasi sekaligus strategi tirai bisnis. Jadi katakanlah keuntungan anda saat ini Rp.3 Juta/bulan, dengan strategi multiplikasi ini, diakhir tahun ketiga anda sudah punya penghasilan Rp.3Juta x 5 = Rp.15 Juta/bulan.

Lindung Bisnis maksudnya, kalaupun usaha yang disalon merugi ataupun cuma menghasilkan 1 Juta per bulan. Anda masih punya 4 peluru cadangan yang terus bergerak mencari uang untuk anda dan keluarga anda. Jadi anda tidak perlu khawatir kalau salah satu merugi, tidak seperti pekerja kantoran yang sekali kecelakaan kerja. Maka penghasilan rumah tangga langsung NOL. Kalau anda mau jadi pengusaha jenius, lakukan multiplikasi. Kalau cuma punya satu sumber uang, tidak ada bedanya anda dengan karyawan kantor.

Percaya deh dengan saran saya, niscaya di tahun ketiga usaha anda, anda sudah bisa ambil kredit rumah sederhana. Salam sukses yah gan. Dan senantiasa hormat sama orang tua dan ibu yang terutama. Oh iya jangan lupa taruh nomor hape yang besar, dan nama usaha anda kasih warna terang yang mencolok mata.

Wirausahakan Updated at: 11:01 PM

0 komentar:

Post a Comment