Analisa Usaha Souvenir Unik untuk Acara Ulang Tahun & Pernikahan

Suatu ketika saya menghadiri undangan pernikahan mantan teman saya, dan saat saya pulang ternyata ada bingkisan yang diberikan, yaitu sebuah replika gitar dengan ukuran kecil yang cukup unik dan menarik, souvenir pernikahan itu saya berikan kepada ponakan saya dan beberapa waktu kemudian sudah hilang entah kemana :D.


Setelah kejadian itu (bukan hilangnya souvenir), saya cukup tertarik dengan usaha souvenir yang unik, dan akhirnya saya menemukan salah satu teman yang menjadi pengusaha souvenir unik ini. Dari teman saya tersebut, saya mendapatkan beberapa informasi mengenai bisnis yang satu ini. Dia menjalankan usahanya hampir tanpa modal, karena dia menjadi salah satu dropshipper dari pengusaha souvenir acara yang sudah cukup besar. Tugas teman saya hanya mempromosikan beberapa jenis souvenir yang harganya berkisar antara Rp 5-20ribu saja, dan terkadang dalam suatu acara dia bisa mendapatkan pesanan souvenir mencapai ratusan jumlahnya. Dia hanya perlu memesan kepada agennya, lalu barang dikirim, uang pembayaran masuk, tinggal hitung selisih harga untuk mendapatkan keuntungan. Kalau dihitun-hitung, keuntungan bisnis yang satu ini bisa mencapai 30-50% loh, jadi silakan bayangkan andai pemesanan 100 buah dengan harga 15ribu/pcs, maka omsetnya Rp 1.500.000, 00 dan keuntungannya di angka 400-700ribu, hanya dalam satu pesanan untuk ukuran kecil.

Bisnis souvenir terbilang masih sepi, belum banyak pesaing yang ada di pasaran karena kebanyakan souvenir unik malah dijual di tempat wisata dan pasar malam (pengalaman), padahal kalau mengincar target acara pernikahan, ulang tahun, wisuda, atau acara lainnya maka keuntungannya akan lebih banyak dan tentu saja cepat.

Apa saja yang diperlukan untuk memulai bisnis souvenir ini?
Untuk memulai bisnis di bidang souvenir, sedikitnya anda harus mempersiapkan modal yang meliputi perlengkapan, peralatan, dan pengetahuan dalam pembuatan souvenir, namun modal awal ini bisa ditekan habis jika anda menjadi dropshipper atau reseller. Setelah modal awal siap, maka tinggal proses pembuatan atau produksi, dan bagi dropshipper maka tidak perlu memikirkan sesi yang satu ini. Promosi adalah kata yang wajib dalam sebuah usaha, jadi mulailah promosi dengan berbagai media yang anda tahu dan metode yang anda kuasai. Bertahan dengan berbagai tantangan usaha adalah hal yang perlu, ingatlah bahwa tidak ada usaha yang jalannya lancar terus, pasti ada masalah di suatu ketika.

Ketika usaha sudah mulai berjalan, dan pelanggan sudah mulai ada, maka ada baiknya mulai menata usaha dengan lebih pro, misalnya yang tadinya hanya reseller alangkah baiknya menjadi agen atau kalau bisa produksi sendiri, yang tadinya masih main dalam kota bisa mencoba menawarkan produknya ke luar kota dan memperluas pasar.

Bisnis souvenir adalah bisnis yang bisa dibilang belum banyak dilirik oleh orang, namun menurut saya prospek bisnis yang satu ini cukup bagus kedepannya mengingat saat ini manusia sudah mulai disibukkan dengan berbagai macam hal sepele yang memakan uang :P

Wirausahakan Updated at: 2:19 AM

2 komentar:

  1. kaka cara memulainya bagaimana? saya juga ingin bisnis souvenir. bagaimana cara saya mencari suplier souvenir yang terpercaya? mohon pencerahannya kak terima kasih..

    ReplyDelete
    Replies
    1. 1. pelajari dulu souvenir apa yang ingin dipilih
      2. mulai cari suplier (bisa online maupun offline) banyak yang jual kok
      3. miliki katalog produk, paling mudah dengan punya foto2 produk atau kalau bisa ada sample asli
      4. mulai dapatkan pelanggan, misalnya teman yang mau menikah, tawarin kerja sama. berikan harga yang murah, yang penting dapat nama dulu
      5. kembangkan bisnis secara perlahan

      Silakan dimulai dari langkah kecil dan berkesinambungan, moga sukses

      Delete