Analisa Lengkap Usaha Wedding Organizer yang Menguntungkan

Pernikahan adalah salah satu upacara yang sakral, walau hanya berlangsung beberapa hari saja, namun bisa menghabiskan dana hingga puluhan bahkan ratusan juta Rupiah. Sebagai pihak yang sedang berbahagia, tentu saja uang sebanyak itu tidak terlalu penting asalkan momen berharganya bisa maksimal dan meninggalkan kesan yang hebat.


Dengan semakin maraknya acara pernikahan, maka peluang usaha Wedding Organizer (WO) semakin terbuka lebar untuk kita, apalagi kalau kita tahu bahwa keuntungan dari usaha ini sangat menggiurkan. Dalam satu kali kerja, maka hampir 80% omset yang masuk akan menjadi keuntungan bersih karena pengeluaran yang dibutuhkan hanya untuk para pekerja yang membantu, ini adalah salah satu kehebatan usaha di bidang jasa.

Apa saja yang dibutuhkan untuk memulai usaha Wedding Organizer ini?
  • Persiapan usaha yang meliputi berbagai pengetahuan dan informasi mengenai Wedding Organizer dan segala yang dibutuhkan.
  • Perlengkapan tetap yang biasa dipakai untuk acara pernikahan, ini adalah investasi awal yang harusnya anda miliki kalau ingin menjalankan usaha ini. Namun andaikan anda kekurangan modal untuk memenuhi perlengkapan, maka bisa bekerja sama dengan pihak ketiga dengan sistem sewa.
  • Karyawan EO, tatanan acara, konsep, dan berbagai pengaturan lainnya. Hal ini sangat penting karena biasanya orang yang punya hajat akan memberikan kepercayaan untuk acaranya kepada pengurus EO yang sudah disewanya.
Setidaknya 3 besar itu adalah modal awal untuk memulai usaha WO ini, itu sudah termasuk investasi tetap yang bisa bertahan lama (minus penyusutan aset).

Lalu bagaimana cara yang benar untuk menjalankan usaha Wedding Organizer agar menguntungkan?
  • Promosi dengan benar, ini adalah hal yang sangat diperlukan agar nama usaha anda dikenal oleh orang lain.
  • Menjaga kepercayaan dengan bekerja semaksimal mungkin, karena bukan tidak mungkin pelanggan anda akan kembali mempercayakan acaranya kepada anda, atau dia akan merekomendasikan usaha anda kepada orang lain (promosi gratis).
  • Menjaga karyawan terbaik, karena dari yang saya lihat dalam setiap usaha berbentuk jasa, kelangsungan usaha sangat berpengaruh dengan kualitas SDM yang ada di dalamnya, jangan biarkan karyawan terbaik anda keluar, namun jangan juga memanjakan mereka, anda BOS-nya.
Dengan harga penyewaan yang berkisar di angka 10-20 juta (kelas menengah ke bawah), andaikan dalam satu bulan bisa mendapat 3-5 event, maka paling tidak anda bisa mendapatkan keuntungan bersih hingga kisaran Rp 80.000, 00 setiap bulannya. Bagaimana kalau anda punya WO untuk kelas menengah ke atas dengan harga sewa ratusa juta? Bagaimana kalau anda punya tim yang bisa mendapatkan event hingga 20 kali dalam satu bulan? Bagaimana kalau anda memiliki banyak pekerja yang siap membantu anda mendapatkan job-job berikutnya? Silakan bayangkan sendiri berapa yang bisa didapatkan!

Wirausahakan Updated at: 8:05 AM

0 komentar:

Post a Comment