Analisa Lengkap Usaha Toko Perlengkapan Alat-alat Listrik

Listrik adalah salah satu kebutuhan pokok manusia pada masa kini, tidak percaya? Coba saja PLN matikan listrik selama 1-2 jam, maka sebagian besar orang akan marah-marah dan mengutuk perusahaan listrik tersebut. Hal ini membuktikan bagaimana manusia sangat bergantung dengan listrik di masa kini, dan kalau anda jeli maka ini adalah salah satu peluang usaha yang saya kira masih minim pesaing karena kebanyakan yang main di usaha ini adalah toko besar yang sudah lama jualan.


Listrik membutuhkan perlengkapan yang cukup banyak, semisal kabel, steker, saklar, lampu, dan lain sebagainya yang merupakan barang wajib. Harga masing-masing barang tersebut terbilang mahal ketika dijual langsung kepada konsumen, dan biasanya barang itu tahan lama serta memiliki garansi dari produsennya, waduh kurang apa nih untuk keamanan barang yang dijual?

Kalau tidak salah, saya pernah mendengar kalau penjualan alat-alat listrik keuntungannya lumayan besar, bisa mencapai 20-50% dari harga jual yang berlaku. Misalnya saja sebuah lampu yang dijual dengan harga Rp 8.000, 00, biasanya harga grosirnya hanya berkisar di angka Rp 5.000, 00, jadi keuntungannya Rp 3.000, 00 atau sekitar 37,5%, mantap bukan?

Untuk membuka usaha toko perlengkapan alat listrik sebenarnya tidak terlalu ribet dan susah, yang pasti kita membutuhkan tempat strategis, kelengkapan barang, dan harga yang bisa membedakan dengan toko lainnya, yah bedain 1ribu aja pelanggan bakal pindah xixixi. Dalam penjualan alat listrik juga tak membutuhkan promosi yang terlalu gencar karena kebanyakan orang sudah paham bahwa toko listrik menyediakan kabel, dan kalau mau beli kabel yang ke toko alat listrik.

Seperti yang saya bilang tadi di awal, usaha toko listrik ini belum terlalu ketat persaingannya, mungkin karena dikiran jualan alat listrik itu susah, tokonya sepi, keuntungannya minim, dan prospeknya kurang, padahal kalau anda tahu dalam satu pembelian saja sudah masuk banyak keuntungan, dan kalau ada pembeli yang datang 80% dia akan berpeluang menjadi pelanggan toko.

Bagi anda yang berminat untuk memulai usaha toko alat perlengkapan listrik, anda bisa mulai mempelajari berbagai aspek yang dibutuhkan, dan mulailah usaha anda dengan hati-hati namun tetap yakin, karena produk ini adalah produk awet yang harus ditangani dengan sabar.

Wirausahakan Updated at: 2:20 AM

0 komentar:

Post a Comment