Cara Tepat Menentukan Target Pasar Usaha Anda

Ketika saya memulai sebuah usaha, saya berfikir keras menentukan siapakah yang nantinya akan mencari, membutuhkan, dan akhirnya membeli barang dagangan saya ini. Ada beberapa jenis pasar yang harus dipertimbangkan di negara kita ini, dan menurut saya semuanya berpeluang untuk sukses asalkan kita mampu berselancar dan tahu tentang informasinya.

Ada sedikitnya 3 pasar untuk tujuan target usaha anda, diantaranya adalah :

Pasar kalangan menengah ke bawah / umum
Untuk pasar umum sebaiknya anda memiliki usaha yang umum di cari, dengan kualitas standard, harga yang tentunya murah, dan juga pelayanan yang baik. Ambil contoh saja, di kalangan ini ada konsumen baju di bawah harga 100ribu, mereka akan mencari baju bagus yang murah (pasti), dan tugas anda menyediakan pilihan baju dengan kualitas bagus yang murah. Biasanya mereka tak terlalu mempedulikan merk ataupun gengsi, yang penting awet dan nyaman serta tentunya murah.

Pasar ini merupakan pasar mayoritas di Indonesia mengingat daya beli masyarakat kita yang masih di bawah dengan keadaan ekonomi yang sering bergejolak.

Pasar Kalangan Menengah ke atas
Bagi anda yang menargetkan kelas yang satu ini, ada beberapa hal yang harus anda perhatikan. Mereka adalah orang berduit, mereka mementingkan kualitas, mereka mau mengeluarkan banyak uang demi kepuasan mereka. So, usaha yang anda targetkan untuk mereka tentunya harus bagus, nyaman, berkualitas, dan tentu saja membuat mereka bangga bisa datang ke tempat anda.

Pernah saya salah menawarkan barang kepada orang di kelas ini, saat itu saya menawarkan barang yang murah dan yang terjadi saya dihina dan mereka malah jumawa bahwa mereka tak butuh barang jelek yang cepat rusak. Untuk kalangan yang satu ini, anda akan dapat untung besar karena biasanya mereka jarang menawar, mereka akan setia dengan usaha anda selama usaha anda bisa memenuhi kepuasan mereka.

Pasar kalangan Khusus
Untuk kalangan khusus, biasanya mereka adalah orang yang antik dan unik, termasuk beberapa komunitas yang tentunya sangat berpotensi. Mereka membutuhkan barang khusus yang tidak dimiliki oleh banyak orang, dan mereka tak peduli dengan harganya, walau sebagian dari mereka juga ada yang berasal dari kalangan menengah ke bawah, gengsi mereka tinggi.


Sebelum memulai usaha anda, tentukan dahulu target pasar mana yang akan anda tuju, jadi nantinya anda bisa merencanakan seperti apa konsep usaha anda untuk memuaskan pelanggan yang anda tuju. Ketiga target pasar tersebut berhubungan dengan kuantitas, kualitas, dan kebanggaan.

Wirausahakan Updated at: 2:41 AM

0 komentar:

Post a Comment