Usaha Tahu Bulat (Digoreng Dadakan Di Mobil lima ratusan) yang Melegenda

Masih teringat jelas dengan mobil bak terbuka yang lewat di jalan depan rumah, dari dalam mobil ada pengeras suara yang bunyinya sangat khas "tahu bulat digoreng di mobil dadakan, lima ratusan" dan segera anak kecil, emak-emak, remaja pada keluar mengerubungi penjual tahu bulat itu, menanti dengan sabar pesanan tahu bulatnya dibungkus.

Rasa tahu bulat yang digoreng langsung di mobil ini memang saya akui ENAK, kalau dimakan dengan cabe rawit rasanya nendang banget dan tentu saja membuat ketagihan. Selain itu harganya yang hanya 500 perak, terjangkau oleh semua kalangan baik itu yang di bawah, menengah, maupun yang di atas sono noh. Namun kali ini saya tidak akan menganalisa bagaimana resep membuat tahu bulat yang enak, saya bukan koki dan saya tidak bisa memasak wkwk. Kali ini saya ingin mengulas tentang sistem bisnis dari tahu bulat yang kreatif ini, hingga menjadi legenda di hampir seluruh Indonesia.

 
meme tahu bulat (sumber 1cak.com)

Tak sengaja saya melihat meme yang memuat gambar penjual tahu bulat, lengkap dengan kata-katanya yang khas, jujur saya ketawa kalau mengingatnya. Penjual tahu bulat memang kreatif, mereka berhasil merubah image sebuah TAHU yang biasanya terkenal dengan bentuk kotak yang lembek dirubah menjadi bulat dan dibumbui dengan rasa yang khas, serta sistem penjualan yang sulit dilupakan.

Tahu bulat memang menjadi legenda di Indonesia, hampir semua orang yang mengalami masa kejayaan tahu bulat ini pasti kangen dengan mereka, sayangnya kini sepertinya para penjual tahu bulat sudah jarang keliling, entahlah semenjak ada isu penculikan yang dilakukan oleh penjual tahu bulat, mereka menjadi dibenci dan dijauhi oleh pelanggannya. Entah siapa yang menyebar isu busuk seperti itu, namun hasilnya sangat jelas ketika akhirnya bisnis yang sedang di puncak ini tiba-tiba drop dan anjlok dan bahkan bangkrut.

Sistem bisnis tahu bulat saya akui sangat bagus, mereka punya paket waralaba dengan harga yang berkisar di antara 3jutaan, dengan sistem penjualan yang sudah sangat khas menggunakan mobil bak terbuka dan penggorengan di dalam mobil dibumbui kata-kata ajaib digoreng dadakan di mobil lima ratusan yang sangat terkenal.


Jujur saya rindu dengan mantan penjual tahu bulat keliling ini, gak tau deh sekarang dia pada dimana, semoga suatu saat nanti mereka akan muncul kembali dan melantunkan suara khas yang sangat saya rindukan (lebay).

Wirausahakan Updated at: 2:30 AM

1 komentar:

  1. Salam sejahtera sahabat kuliner kami dari rekateknik magelang ingin menawarkan dan meberi informasi mengenai mesin produksi tahu bulat dan cara membuatnya 081328133337
    https://www.youtube.com/watch?v=Cjk6jAOcbEI
    facebook.com/rekateknikmagelang

    ReplyDelete