Mau Buka Toko Komputer? Ini Masalah yang Harus Dihadapi

Toko komputer adalah toko yang menyediakan berbagai macam barang yang berhubungan dengan PC, diantaranya komputer, laptop, netbook, notebook, perlengkapan komputer seperti charger, casing, keyboard, harddisk, serta jasa service dan lain sebagainya seperti pemasangan jaringan dll.

Kalau orang awam melihat sebuah toko komputer yang besar, pastinya akan membayangkan dan ingin memiliki usaha itu, atau barangkali berfikir bahwa keuntungan yang didapatkan sangatlah besar dan bisa cepat kaya dengan bisnis toko komputer. Mungkin iya benar! Namun apakah anda yang ingin memulai bisnis ini sudah siap dengan masalah berikut ini?

Modal toko komputer sangat besar
Salah satu masalah utama dalam bisnis komputer adalah modal yang sangat besar, bayangkan saja harga satu netbook spek ringan bisa dihargai 2jutaan, jika mau menyediakan hingga 20 buah maka modalnya bisa mencapai 40jutaan, dan itu baru satu jenis barang saja. Menurut teman saya yang memiliki toko komputer, modal yang dikeluarkan mencapai ratusan juta Rupiah dan tokonya belum bisa dibilang lengkap. Apakah anda memiliki modal sebesar itu untuk membuka toko komputer?

Butuh keahlian di bidang komputer
Kalau anda membuka sebuah toko komputer dan anda sama sekali tidak memiliki basic di bidang ini, maka akan sangat berbahaya karena bisa saja anda tertipu dengan barang KW, barang yang tidak berkualitas, dan barang yang rusak. Kebanyakan toko komputer memiliki 1-3 orang karyawan yang tahu tentang ilmu komputer. Apakah anda memiliki pengetahuan ilmu komputer?

Persaingan yang sangat ketat
Jangan dikiran karena modal yang besar maka tidak banyak pesaingnya, kalau mau buka toko komputer maka bersiaplah untuk mengahadapi persaingan yang sangat ketat dengan toko lain yang sudah lama berdiri, dengan para newbie yang menghujani dengan promo gila mereka. Siapkah anda bersaing?

Keuntungan yang didapatkan tidak sepadan
Bayangkan saja satu buah laptop yang terjual dengan harga jutaan, berapakah keuntungannya? Hanya berkisar di angka 100-300ribu saja. Ok lah kalau penjualan toko mencapai 10 unit satu hari, nah kalau hanya bisa menjual 1 buah dalam satu minggu? Siapkan anda mengeluarkan modal besar dan mendapat keuntungan kecil?

 
sumber gambar : tokokomputermurah.com

Saya hanya menuliskan sedikit garis besar permasalahan yang harus dihadapi oleh sebuah toko komputer, yang harusnya dipikirkan adalah "siapkah menghadapi masalah tersebut?", kalau anda siap maka pastinya ada jalan keluar dari setiap masalah. Namun jika anda ragu, sebaiknya anda mencari bisnis lain yang lebih kecil resikonya.

Wirausahakan Updated at: 10:39 PM

1 komentar: