Apakah Lulusan SD Bisa Sukses? Sebuah Pertanyaan Besar!

"Aku hanya memiliki ijazah SD saja, aku tak memiliki bakat khusus yang bisa aku banggakan, pekerjaan yang paling tepat untukku sepertinya hanya kuli atau pekerjaan lain yang hanya memakai tenagaku karena aku merasa tidak terlalu pintar untuk menggunakan otakku. Apakah aku bisa sukses seperti orang lain?"

Apa jawaban yang akan anda berikan ketika salah satu teman anda menanyakan hal seperti ini? Apakah anda akau semakin menjatuhkannya dengan menjawab TIDAK? atau anda akan memberikan sebuah harapan besar dengan memberikan jawaban HARUS? Ataua anda akan memberikan sebuah jawaban yang akan membuatnya tersenyum dengan mengatakan IYA? Atau anda akan menanyakan kembali kepadanya : "Apakah kamu benar-benar ingin sukses?".

Saya pribadi bingung ketika teman saya menanyakan hal seperti ini, saya tahu dia dalam keadaan yang tak menyenangkan, saya paham bagaimana perasaannya saat itu, dan hal itu membuat saya bingung untuk menjawab pertanyaan yang sebenarnya sederhana. Ini bukan sekedar logika, ini menyangkut perasaan seseorang yang sedang mengalami goncangan.

Ketika anda dewasa dan mendapati teman-teman masa kecil anda kini sudah sukses, banyak yang menjadi pengusaha kaya, banyak yang menjadi pegawai dinas dengan jabatan tinggi, banyak yang sudah nyaman di perusahaan swasta dan mereka memiliki kehidupan yang bahagia, lalu anda seorang diri masih mengalami keadaan yang sulit karena dulu anda tidak bisa melanjutkan pendidikan ke SMP, anda hanya bisa bekerja serabutan mengandalkan tenaga anda demi bisa menyambung hidup. Bukankah hal seperti ini sangat menyedihkan?

Sukses! Apa itu sukses? Apakah pembeda antara si kaya dan si miskin? Apakah pembeda antara sarjana dan lulusan SD? Sebenarnya sukses adalah kepuasan diri (menurut saya), namun keadaan yang membuat kita iri dengan apa yang dimiliki orang lain, sehingga menutup rasa syukur kita dan sampai kapanpun tidak akan pernah sukses karena yang pola pikir yang salah.

Pendidikan itu penting, namun pendidikan bukan hanya didapat di bangku sekolah saja. Buktinya banyak orang pintar yang hanya lulusan SMP, mereka malah mengajari para sarjana. Lalu kenapa lulusan SD ragu untuk sukses? Pola pikir mereka harus dirubah!


Kalau di sini, saya bisa menjawab pertanyaan Apakah lulusan SD bisa sukses? dengan jawaban BISA dan HARUS, iya karena saya tidak berada di sampingnya dan saya tidak terlalu mempedulikan bagaimana perasaannya. Namun ketika saya berada disamping orang yang menanyakan pertanyaan besar ini, saya akan memilih untuk mengedepankan faktor perasaan si penanya.

Wirausahakan Updated at: 7:19 AM

2 komentar:

  1. Saya juga lulusan sd bagaimana carany??? Apa yang harus saya lakukan ??

    ReplyDelete
    Replies
    1. yang sekarang sarjana dulunya juga lulusan SD gan,
      yang harus agan lakukan adalah "keluar dari lingkaran"
      berusaha dan berdo'a, yakinkan diri agan bahwa agan pantas untuk sukses :)

      Delete