Tips Peluang Usaha Kedai Kopi dengan Konsep Sederhana

Salah satu jenis usaha yang saya impikan adalah kedai kopi, dimana para barista berjejer di tempatnya meracik kopi yang berkualitas pesanan para pelanggan. Kenapa saya menginginkan usaha ini? Karena saya adalah pecandu kopi, dan saya mau menghabiskan uang yang lumayan banyak hanya untuk menikmati segelas kopi dengan suasana yang nyaman.

Dari pengalaman beberapa kedai, cafe, dan warung kopi yang saya datangi, kebanyakan mereka memiliki banyak ciri khas tersendiri dari segi tempat, mereka bisa mengatur tempatnya sedemikian rupa hingga membuat para pelanggan betah berlama-lama di tempat itu. Namun tak jarang banyak kekurangan yang meraka abaikan.

Bagi saya pribadi, ada beberapa penilaian yang akan membuat sebuah kedai kopi disukai pelanggannya, diantaranya adalah :

Rasa Secangkir Kopi
Semua jenis usaha kuliner entah itu makanan atau minuman, yang pertama kali dinilai adalah rasanya. Jika saya menemui sebuah warung kopi di pinggir jalan yang menawarkan rasa kopi yang enak, maka saya akan menyukai tempat itu dibandingkan cafe mewah yang memiliki menu kopi dengan rasa yang hambar. Rasa tak pernah berbohong.
Faktor Tempat
Tempat ngopi yang nyaman akan membuat saya betah, setelah saya betah di tempat itu, beberapa waktu kemudian saya akan membawa beberapa teman saya untuk kongkow di tempat itu. Dan secara tidak langsung saya sudah membawa beberapa pelanggan baru di tempat itu. Jadi jika akan membuka warung kopi, maksimalkan tempat itu agar nyaman.
Pelayanan Profesional
Pernah suatu ketika saya datang ke salah satu warung kopi, saya dan teman-teman duduk, menunggu pelayan datang dan tak ada satupun yang datang menawarkan menunya. Wajah mereka tak ramah sama sekali, padahal kami ini pelanggan, dan mereka tak menghargai sama sekali. Jika pemesanan di kasir, seharusnya mereka memberitahukan kepada kami, namun mereka acuh dan lebih memilih untuk ngobrol sendiri, menyebalkan. Belum lagi pelayanan yang super leled, dan rasa kopi yang buruk, gak lagi-lagi ke tempat itu lah pokoknya.
Harga yang Ditawarkan
Senjata utama untuk orang Indonesia, HARGA! Jika ingin menjual kopi standar, berikan harga yang murah dan bisa dijangkau oleh banyak kalangan. Namun ketika ingin menjual kopi dengan harga selangit, pastikan rasanya sepadan dengan harganya. Saya tak terlalu mempermasalahkan harga yang ditawarkan selama saya mendapatkan rasa, pelayanan, dan tempat yang membuat saya nyaman, tapi jika tak sepadan ya saya akan meninggalkan tempat itu.
Suasana Nyaman
Ini juga salah satu hal yang penting, di kedai kopi biasanya menjadi markas beberapa kelompok atau golongan untuk sekedar kongkow, jika saya tak merasa terganggu dengan mereka, maka saya akan memakluminya, namun jika ada tempat kopi yang seenaknya sendiri dan seakan menjadi rumah bagi beberapa orang, maka saya akan menjauh dari tempat itu. Hallooo, saya ini pelanggan, saya bukan bagian dari kelompok mayoritas di situ, saya juga ingin ngopi dengan tenang.

Mungkin itu adalah beberapa faktor penting yang seharusnya diperhatikan ketika ingin membuat kedai kopi, dari hal-hal yang penting dan sepele, semuanya mempengaruhi kemajuan usaha kopi ini. Banyak warung kopi pinggir jalan yang terus berjalan lancar, sedangkan tak sedikit pula cafe yang bangkrut karena hasil usahanya tak mampu menutupi pengeluarannya.

 
sumber gambar : resepkopihitam.blogspot.com

Kalau saya akan membuat kedai kopi, saya akan memaksimalkan rasa kopinya, memperbanyak menunya, dan tentu saja selain pelayanan yang baik, tempat sederhana adalah pilihan saya, malah kalau bisa saya akan mendesain tempatnya seperti sebuah kebun yang nyaman untuk menenangkan pikiran, yah semoga segera tercapai.

Wirausahakan Updated at: 12:33 AM

0 komentar:

Post a Comment