Menghadapi Komentar Pedas saat Promosi Online dengan Cerdas

Pengalaman saya promosi di media online selama beberapa tahun terakhir ini, membuat saya banyak belajar dari berbagai komentar pelanggan, diantara komentar pedas itu saya awalnya jengkel dan marah, namun lama kelamaan malah membuat saya belajar untuk menanganinya dengan profesional. Pengalaman yang tak akan saya dapatkan jika saya tidak mencobanya sama sekali.

Beberapa komentar pedas yang biasanya akan penjual dapatkan :
  • Mahal banget gan, di toko sebelah aja gak sampai segitu harganya, kalau nyari untung jangan banyak-banyak gan.
  • Barang KW yah gan? Kok murah banget sih? Jangan-jangan agan penipu nih.
  • Stoknya dikit banget sih gan, niat jualan gak sih? Masa iya gak ada pilihannya sih.
  • Barangnya masih banyak yah gan? Dijual donk gan jangan didiemin aja biar laku :P
  • Warnanya apa aja gan? Ukuran apa aja? Yang ready apa aja? Kualitas gimana? yang laris mana gan? Kalau beli dapat diskon gak? Bisa dikirim ke rumah gak? Keterangannya yang lengkap donk gan?
  • Gan ane mau beli satu tapi minta harga grosir boleh?!
Dan masih banyak sekali komentar pedas yang ada dan mengiringi perjuangan kita ketika di media online, entah itu di FB, twitter, intagram, bbm, dan lain sebagainya.

Lalu bagaimana cara yang tepat untuk menangani komentar pedas ini? Yang pertama adalah, jangan emosi, mereka pelanggan dan mereka raja, jadilah seorang pelayan raja yang baik dan pintar.

Cara menangani komentar pedas itu ada bebera cara, diantaranya yaitu :
  • Jadilah penjual yang pandai dan paham informasi produk yang kita tawarkan, ketika ada komentar pedas yang datang kita akan siap menjawabnya dengan tepat karena kita sudah paham situasi. Ingat kata jendral perang "barang siapa yang paham medan tempur dan strategi, maka dialah pihak yang menang".
  • Balaslah komentar yang masuk, entah mereka yang serius atau hanya iseng, balaslah komentar itu agar anda dianggap aktif dan niat jualan. Karena dari komentar itu, banyak pelanggan lain yang juga melihat bagaimana pelayanan anda terhadap pelanggan.
  • Jangan menghapus komentar pedas, karena bisa saja anda bakal kena masalah ketika orang itu marah-marah dan akhirnya menjelek-jelekkan anda dan usaha anda. Kecuali komentar yang sudah kasar, anda masih bisa beralasan dari segi kesopanan.
  • Pengalaman, ingatlah itu! Dari setiap komentar yang masuk, bagaimana anda menanganinya, dan itu semua akan menjadi pengalaman yang berharga untuk kemajuan usaha nantinya.
 
sumber gambar : sooperboy.com

Oke mungkin sedikit saja tips menghadapi komentar pedas dari pelanggan saat anda promosi online, cobalah untuk bersabar menghadapi pelanggan, jadilah penjual yang pandai, dan puaskan pelanggan anda.

Wirausahakan Updated at: 8:17 PM

0 komentar:

Post a Comment