Kisah Teman Saya yang Sukses Dengan Usaha Kue Cubit

Kue cubit adalah salah satu makanan yang kini sedang menjadi cemilan pilihan karena rasanya yang manis dan cukup membuat kenyang. Harganya hanya berkisar Rp 8.000, 00 hingga Rp 15. 000, 00 saja, namun bisa mendapatkan satu porsi dengan isi yang cukup banyak.

Beberapa waktu lalu saya mengenal salah satu pengusaha kue cubit, dia menyewa salah satu kios dekat tempat saya jualan, dari teman saya itu saya mendapatkan beberapa informasi bisnis kue cubi yang menguntungkan ini.

Teman saya dulunya tinggal di Bandung, dari sana dia memulai usaha kue cubitnya, dan cukup sukses. Namun karena alasan keluarga, kini dia pulang kampung dan mencoba membuka usahanya lagi di sini. Pada awal membuka usahanya, dia lumayan keras dalam berusaha mempromosikan kue cubit itu karena belum banyak yang mengenalnya. Promosi yang dia lakukan melalui media online yang meliputi BBM, FB, Instagram, twitter, dan lain sebagainya, sedangkan di media offline dia mempromosikan produknya di setiap ada event besar. Misalnya ada event di kampus atau pasar, dia langsung berspekulasi untuk menyewa stand dan menggelar dagangannya itu, dan hasilnya cukup memuaskan, penjualan yang meningkat dan pelanggan yang semakin banyak.

Dalam satu hari teman saya bisa menjual hingga 50 porsi kue cubit yang rata-rata harganya 10ribu, omsetnya dalam satu bulan bisa mencapai 15juta, dan keuntungan yang dia dapatkan cukup besar, sekitar 30-40% dari omset tiap bulannya. Keuntungan yang besar itu karena teman saya tahu seluk beluk memilih bahan membuat kue cubit, jadi dia bisa menekan biaya operasional untuk modalnya.

Kini teman saya sudah memiliki satu kios di seberang tempat jualan saya, dan beberapa pelanggan sudah menjadi mitranya dalam bisnisnya itu, mereka diajari untuk berjualan kue cubit. Kerjasama itu semakin berkembang ketika para pelanggannya mulai membuka usaha yang sejenis, namun masih bergantung kepada teman saya, yah seperti reseller untuk bisnis makanan ini. Walau hasilnya kecil, namun sangat membantu dalam pemasarannya.

Modal yang diperlukan tidak terlalu besar untuk membuka usaha ini, untuk membeli perlengkapan dan bahan dasar serta tempatnya, modal 10 juta sudah sangat cukup. Cara membuatnya juga tidak terlalu susah, yang penting menurut teman saya ini adalah kreatifitas untuk menciptakan rasa baru kue cubit, karena pelanggan biasanya akan tertarik dengan rasa baru yang ditawarkan.

 
sumber gambar : hellobogor.com

Ingin mencoba bisnis kue cubit? Silakan persiapkan diri anda dan mulailah membukanya, perjuangkan usaha anda dan jadilah orang sukses.

Wirausahakan Updated at: 8:57 PM

0 komentar:

Post a Comment