Kisah Karyawan yang Membawa Dagangan ke Kantor

Ini adalah kisah dari reseller saya sendiri, yah mungkin lebih tepatnya sedikit curhat yah, orang dia ceritanya sambil menunduk agak gimana gitu. Jadi ceritanya dia adalah seorang wanita yang sudah berkeluarga dan bekerja di salah satu rumah sakit di daerah saya. Disamping pekerjaannya di rumah sakit, dia juga memiliki usaha sampingan yaitu berdagang, hampir semua barang dagangan dia coba jual melalui media online ataupun offline. Kalau melalui media online biasanya dia memakai BBM dan pasang iklan di toko online semisal bukalapak atau tokopedia, kalau di media offline dia sering membawa dagangannya dan menawarkan kepada tetangga atau teman-temannya.

Nah ceritanya dia berangkat kerja sambil bawa dagangan untuk dijajakan kepada teman-teman kantornya, namun salah seorang temannya ada yang komentar "mau kerja apa mau dagang?", dan sontak hal tersebut membuatnya malu, minder, sedikit down, dan akhirnya menghentikan bisnis sampingannya tersebut. Dia merasa malu dengan komentar temannya tersebut sehingga tidak lagi jualan di kantor. Sebenarnya sih pihak kantor (atasan) tidak mempermasalahkan dan malah mendukungnya selagi tidak mengganggu pekerjaannya, namun karena komentar iseng dari temannya yang membuatnya malu saat itu. Selang beberapa saat dia tidak berjualan, eh malah banyak yang menanyakan dan malah memesan barang dagangannya, bahkan orang yang berkomentar juga ikut memesan. Akhirnya dengan rasa bangga dia mau meneruskan jualan di kantornya tersebut, sekarang dia dengan PD-nya tetap jualan, apa kata orang lain dia gak peduli yang penting tidak melanggar aturan.

Cerita di atas bukanlah cerita satu dua orang saja, wong saya waktu kuliah juga kadang membawa barang dagangan kok. Misalnya ada teman yang memesan barang dagangan, saya bawakan ke kampus dan bertransaksi di kampus. Memang banyak teman-teman yang nge-bully waktu itu, tapi saya pikir itu hal wajar dan saya biasa saja, toh saya tidak melanggar hukum dan saya berdagang dengan cara yang benar. Saya juga tahu diri jualan di waktu senggang, jadi tahu saatnya kuliah dan saatnya bisa berdagang.
Mungkin salah satu dari kalian yang membaca tulisan ini juga sedang mengalami hal yang sama, sebagai seorang karyawan yang sedang mencoba jualan di tempat kerja, kalau ada yang iseng atau tidak suka dengan anda, jangan dengarkan. Terus saja maju berdagang, itu adalah salah satu cara mencari rejeki yang halal kok, yang penting jangan mengganggu kewajiban dalam pekerjaan.

Wirausahakan Updated at: 9:52 PM

0 komentar:

Post a Comment