Modal 10 Juta, Jangan Memaksakan Menyewa Kios!

Kalau saat ini anda memiliki modal untuk membuka usaha, dan modal anda berkisar di nominal Rp 10.000.000, 00 maka saya akan menyarankan kepada anda agar tidak memaksakan menyewa sebuah kios atau tempat jualan terlebih dahulu. Bukannya saya meremehkan keahlian anda, namun kita bayangkan saja harga sewa kios untuk ukuran 2x2 saja bisa mencapai Rp 5.000.000, 00, belum lagi perlengkapan dan lain sebagainya, maka sisa untuk membelanjakan barang dagangan anda hanya beberapa juta saja. Hal seperti ini tidak sehat (menurut saya), karena akan membuat kita kesulitan berkembang. Intinya jangan mengutamakan tempat jualan terlebih dahulu, lebih baik fokus ke barang dagangan dahulu.

Mungkin saja anda akan menemukan sebuah tempat jualan yang dapat disewa dengan harga murah, atau anda bisa mendapatkan kios dengan durasi sewa beberapa bulan saja, seperti kisah saya membuka toko bermodalkan 2 juta, namun hal tersebut bukanlah sebuah contoh yang selalu bisa anda jadikan patokan dalam memulai usaha. Saya akan menyarankan anda menyewa sebuah tempat jualan saat anda memiliki modal diatas Rp 20.000.000, 00 dengan asumsi 50% tempat dan 50% barang dagangan. Jika seperti itu, maka ada kesempatan untuk lebih cepat berkembang nantinya.

Untuk modal sebesar 10 juta, saya akan menyarankan anda untuk memulai usaha dari 0 terlebih dahulu, bukannya mempersulit anda, namun itu adalah sebuah pelajaran bisnis, dan itu tidak akan didapatkan jika kita tidak mencobanya. Di luar sana banyak orang yang berkata bahwa bisnis ini mudah dan simpel, apa mereka yang berkata seperti itu sudah merasakannya?! Lebih baik anda mencoba usaha yang cocok terlebih dahulu dan dapatkan passion  anda di situ, mungkin usaha di bawah ini bisa anda coba dengan modal 10 juta :
  • Usaha kuliner (dari rumah)
  • Usaha Kerudung (dor to dor)
  • Usaha Pakaian (dor to dor)
  • Usaha Kemasan (menyediakan kemasan produk)
  • Usaha online (modal anda internet dan kepercayaan)
Dan masih banyak sekali contoh usaha yang bisa anda coba, yang intinya saya menyarankan dengan modal segitu, lebih baik anda mencoba membangun sistem anda terlebih dahulu, setelah sistem bisnis anda berjalan maka masalah tempat mudah untuk dicari. Yosh! Cerdaslah menjadi seorang pengusaha, jangan hanya memikirkan gengsi saja.

Wirausahakan Updated at: 11:56 PM

0 komentar:

Post a Comment