Pengalaman Pertama Berdagang saat SD

Kalau ada yang bertanya kapan pertama kali saya mmulai belajar berdagang, jawabannya adalah saat saya belajar di sekolah dasar, kalau tidak salah kelas 2 SD. Ketika sedang ramai-ramainya permainan kelerang saat itu, saya yang selalu kalah saat bermain kelereng tergoda ketika melihat teman-teman yang pandai bermain kelereng, memiliki banyak kelereng dan bisa menjualnya kembali kepada teman-teman.

Karena tergiur dengan kelereng yang dimiliki teman saya, akhirnya saya membeli kelereng dari teman-teman saya dengan harga Rp 100, 00, saat itu saya mendapatkan 4 buah kelereng, hampir satu minggu saya menghabiskan uang sebanyak Rp 4.000, 00 untuk membeli kelereng dan mengumpulkannya, saat itu saya merasa senang sekali memiliki banyak kelereng. Kemudian saya mulai menjual kelereng-kelereng tersebut, namun entah kenapa sulit sekali menjual kelereng tersebut, akhirnya saya mencari cara agar kelereng saya laris dan saya menemukan ide jenius saat itu, saya yang membeli 4 kelereng dengan harga Rp 100, 00 menjualnya kembali dengan 8 kelereng seharga Rp 100, 00, tentu dalam sehari saja kelereng yang saya jajaan habis terjual, ide yang sangat briliant.

 

Sepulang sekolah saya bercerita kepada ibu saya, dan saya dimarahi oleh ibu saya karena saya menjual kelereng saya tersebut dengan mendapatkan kerugian, dari penjualan sehari tersebut saya mendapatkan uang Rp 2.000, 00 saja, lalu dimana keuntungannya? Yang ada saya rugi Rp 2.000, 00 dan saya malah senang saat itu heheheeee.

Kisah tersebut adalah kesalahan saya dikala kecil dulu, namun itu adalah kisah perjuangan saya saat mulai berdagang dan mendapatkan perasaan menyenangkan karenanya, itu adalah pengalaman yang tidak bisa didapatkan jika saya adalah seorang yang sangat pandai dan pelit, karena saya akan takut rugi dan takut kehilangan uang saya. Terkadang hal bodoh dan merugikan malah membuat kita bahagia, dan menjadi pelajaran yang sangat berharga. Berfikirlah dari sudut lain!

Wirausahakan Updated at: 7:45 AM

0 komentar:

Post a Comment