Cara Sopan Promosi di Facebook

Salah satu media promosi online terbaik saat ini adalah facebook, dengan pengguna yang sangat banyak dan juga keaktifan mereka di jejaring sosial yang satu ini, membuat banyak penjual yang melakukan promosi besar-besaran di Facebook. Ada dua cara peromosi di FB, yang pertama adalah dengan cara membayar kepada pihak facebook, cara ini biasanya dipakai oleh perusahaan atau web-web besar yang mampu menjaring banyak pelanggan, yang kedua adalah gratis, cara yang saya dan anda lakukan selama ini. Dengan menggunakan promosi gratis melalui media FB, maka produk yang kita tawarkan akan lebih cepat dilihat oleh hampir semua kalangan. Namun tahukah anda, jika sebagian penjual yang melakukan promosi di FB sangat dibenci oleh pelanggan yang melihatnya, bukannya produknya diminati, yang ada malah pemblokiran dan tak jarang juga ada yang memaki dengan kata-kata yang kasar. Berikut saya coba tuliskan beberapa cara promosi produk atau jasa yang baik melalui facebook :


  • Masuk ke dalam grup jual beli, jangan asal masuk grup dengan anggota yang banyak lalu dengan seenaknya menawarkan produk, nantinya akan membuat anggota grup tersebut kesal, contohnya jika anda menjual sabun, tapi anda masuk ke dalam grup curhat atau cinta, dan anda melakukan promo di grup tersebut, maka itu adalah tindakan yang tidak sopan karena salah lapak.
  • Posting dengan kata-kata yang sopan, sering saya menemui seorang penjual yang dengan sembrono menuliskan "dijual nih HP bekas, kalo cuma tanya gak usah komen". Cara yang baik adalah dengan meminta izin terlebih dahulu kepada admin grup, lalu menawarkan produk atau jasa dengan kalimat yang sopan dan jelas, jangan lupa dicantumkan keterangan, contact person dan harganya juga.
  • Buatlah halaman dan grup khusus, cara berikut dilakukan jika anda sudah memiliki banyak pelanggan dan ingin membuat sebuah wadah yang dijadikan toko untuk memajang produk anda.
  • Jangan melakukan tag teman, kesalahan penjual yang ingin cepat laku produknya adalah dengan cara tag atau tandai teman sebanyak-banyaknya, dan sekarang malah sudah banyak aplikasi auto tag yang membuat sebal orang lain, jika ingin menandai orang lain sebaiknya meminta izin terlebih dahulu kepada pemilik akun tersebut agar tidak membuat jengkel.
  • Berjualan dengan jujur, promosikan produk atau jasa anda di FB dan lakukan jual beli dengan jujur, jika pelanggan meminta alamat maka berikanlah dengan jelas, jika barang yang anda jual adalah barang bekas, maka usahakanlah memberikan keterangan sedetail-detailnya agar pelanggan tidak merasa ditipu, jangan sampai nama dan foto anda muncul di sebuah grup dengan label dicari!
  • Jangan nyepam, ini yang terkadang membuat seseorang dibanned dari grup, kejengkelan admin dan anggota grup lain karena terlalu sering melakukan promosi, sebaiknya lakukan promosi dengan jeda waktu seminggu, agar bisa bergantian dengan anggota grup yang lain.
Itulah beberapa cara yang sopan ketika promosi di media facebook, ingatlah jika promosi yang kita lakukan adalah promosi gratis, jadi kita harus tahu diri menjadi seorang penjual.


Wirausahakan Updated at: 9:13 PM

0 komentar:

Post a Comment