Jangan Terfokus dengan Hasil

Seorang yang berusaha tentunya memiliki alasan jelas untuk usahanya tersebut, yaitu hasil dari jeri payah usahanya, pun begitu dengan seorang wirausahawan, kita mau berkeringat, berpanas-panasan, pusing memikirkan jalannya usaha, semua itu dilakukan demi sebuah tujuan.

Bagaimana jika hasil yang dituju tidak kunjung didapatkan? Ketika hasil yang dicita-citakan ternyata tidak kunjung kita dapatkan, maka ada dua pilihan, yaitu menyerah atau maju terus. Pilihan untuk menyerah yaitu untuk orang yang benar-benar tidak menikmati jalannya usaha, proses demi proses yang dilalui, semua itu dilakukan dengan terpaksa karena tujuannya hanya satu, yaitu hasil. Maka ketika hasil tak kunjung datang, menyerah adalah pilihan paling nyaman. Namun bagi yang memilih untuk maju terus, maka dia sudah menikmati apa itu wirausaha, dia tahu jalannya dan sedang berusaha menggapainya, berjalan mengikuti jalan yang berliku dan menanjak, semua itu dinikmati karena memang sejak awal terjun dalam dunia usaha, hasil bukanlah sebuah tujuan utama, ada tujuan lain yang lebih penting lagi.
Pernah saya mendengar seorang musisi yang berkata lancang "tujuan kami bermusik adalah karena kami ingin bersenang-senang, dan kami ingin mengekspresikan apa yang kami inginkan", kita semua tahu di jaman sekarang mana ada musisi yang membuat sebuah seni tanpa mengharapkan imbalan, akan tetapi saya sangat salut dengan musisi ini, dimana segala masalah yang datang tidak menyurutkannya, akan tetapi malah semakin membuatnya bangkit dan menjadi seorang musisi besar. Jadi dia memiliki kesenangan sendiri dengan sebuah hasil, baginya bisa bermusik dan eksis adalah hasil yang sudah membuatnya senang.

Dalam hidup ini terkadang saya sendiri sering merasa susah ketika tak kunjung mendapatkan hasil, saya ingin segera mendapatkan apa yang menurut saya pantas saya dapatkan setelah lama berjuang, dan ketika tak ada hasil terkadang saya merasa sedih juga, akan tetapi inilah jalan saya, entah mau ada hasil atau tidak, saya masih menikmati jalan wirausaha ini, semoga saya akan tetap menikmatinya selamanya dan berfikir bahwa hasil bukanlah yang utama agar saya tidak selalu terfokus dengan sebuah hasil.

baca juga : sistem kredit?

Wirausahakan Updated at: 2:32 AM

0 komentar:

Post a Comment