Pengusaha Harus Berani Mengambil Keputusan

Setelah mengulas kunci menjadi pengusaha sukses, yaitu sabar dan tawakal, selanjutnya saya akan memberikan beberapa gambaran tentang bagaimana menjadi pengusaha yang maju. Salah satunya yaitu harus berani dalam mengambil keputusan. Yah benar, seorang pengusaha harus berani, itu adalah kuncinya.

Sedikit curhat dulu, pernah saya ditawari sebuah produk yang cukup mahal, kalau tidak salah harganya untuk satu jenis barang sekitar Rp 800.000, 00, mungkin saya bisa menjualnya dengan harga Rp 1.000.000, 00 atau lebih mengingat barang ini masih jarang, namun karena ada keraguan dalam diri saya (faktor modal dan keberanian seorang newbie), maka saya tidak jadi mengambil barang tersebut. Apa yang terjadi? Beberapa konsumen saya merasa kecewa, karena mereka yang ternyata mencari barang tersebut tidak mendapati di tempat saya, dan akhirnya mereka mencari di toko lain. Pernah juga saya mendapati sebuah produk murah dengan keuntungan yang besar, saya ambil banyak dan berfikir ini adalah produk bagus yang akan laku keras dan memberi banyak keuntungan, namun setelah dibeli ternyata produk tersebut kurang diminati dan bukannya untung, barang tersebut menumpuk di toko. Jadi apa yang salah? Yang salah adalah saya sendiri karena saya kurang berani, saya kurang paham, dan saya kurang bisa memprediksi tentang barang baru.

Kesalahan menjadi sebuah pelajaran berharga, itu adalah guru bagi kita semua. Mulai sekarang, jika saya mendapati barang baru yang kira-kira menguntungkan, saya akan segera mencari informasi di sekitar saya dan juga di online, saya akan mencari harga jual, respon pembeli, dan tentu saja prospek kedepannya. Jika memang menguntungkan dan bagus untuk dijual maka saya akan mengambilnya.
Dalam dunia usaha, banyak sekali keraguan yang muncul, mulai dari saat akan membuka usaha kita akan mengalami keraguan "apakah akan menguntungkan?", "apa saya bisa menjadi pengusaha?", "saya tidak punya koneksi", dan lain sebagainya, lalu jika keraguan itu kalah dan kita bisa membuka usaha, maka akan muncul keraguan berikutnya yang membayangi, kelangsungan hidup usaha, prospek ke depan, keuntungan, persaingan, dan lain sebagainya. Itu pun belum cukup karena jika kita mampu bertahan dalam dunia usaha, kita akan mendapat keraguan dari kepuasan memiliki usaha yang sudah berjalan, membuka cabang lagi atau mau mengembangkan usaha atau mungkin tetap berjalan di tempat, semua keraguan ada dalam dunia usaha ini, lalu kenapa kita masih memilih dunia usaha yang tidak ada jaminannya ini? Jawabannya adalah karena seorang pengusaha adalah pemberani! Seorang pengusaha berani mengambil resiko apapun, karena wirausaha adalah hoby, keuntungan dan kerugian adalah warna dalam menjalankan usaha, perjuangan adalah sesuatu yang nikmat.

Jadi intinya adalah ketika kita sudah berada dalam dunia usaha, tidak ada itu yang  namanya ragu, yang ada adalah berani, berani, dan berani, karena seorang pengusaha harus berani mengambil keputusan, apapun hasilnya kelak.

Wirausahakan Updated at: 9:12 PM

0 komentar:

Post a Comment