Bolehkah Berdagang dengan Sistem Kredit?






Di awal saat saya memulai berdagang, saat itu saya masih lugu dan ingin cepat menikmati hasil, namanya juga anak muda. Saya kemudian berfikir bagaimana jika dagangan saya dijual secara kredit, sepertinya akan mudah dalam memasarkannya mengingat ibu-ibu jaman sekarang sangat suka dengan sistem kredit. Lama saya memikirkan hal tersebut, akan tetapi dalam hati kecil ada perasaan yang ragu hingga saya belum memutuskan untuk mengambil cara penjualan secara kredit ini, akhirnya saya bertanya kepada 2 orang yang saya percaya, yang pertama adalah kakak saya sendiri, saya meminta pendapatnya tentang cara penjualan kredit, dan dia tidak menyarankannya dengan tanpa alasan yang jelas dan pasti, karena belum puas kemudian saya bertanya kepada ustad saya, dan beliau pun menyarankan agar saya tidak mengambil jalan kredit ini, dan alasannya pun masih tidak jelas, kemudian saya nyari di tempatnya mbah googel dan saya menemukan sebuah artikel yang ternyata membahas penjualan secara kredit, dan sama dengan kedua orang yang saya minta pendapatnya, di artikel tersebut juga menyarankan agar tidak bermain dengan yang namanya kredit.

Saya bukan orang yang gampang menyerah, kemudian saya datangi kedua orang tadi dan meminta saran mereka agar saya masih bisa menjual barang secara kredit, akhirnya mereka memberikan cara yang saya pikir aneh, saya boleh menjual barang secara kredit dan cash secara bersamaan akan tetapi dengan harga yang sama pula, coba anda bayangkan saja. Tapi akhirnya saya tetap mengikuti kata mereka, saya menjual barang dengan cash dan kredit, dan harga yang sama tanpa menambahkan harga terhadap pembelian secara kredit.

Saat itu banyak pembeli yang datang dan merasa heran dengan sistem saya, itu karena mereka sudah terbiasa dengan sistem kredit yang menambahkan harganya, bahkan ada juga seorang pelanggan yang mengatakan saya bodoh karena menjual dengan harga yang sama, ah saya terima saja perkataannya tersebut yang penting saya merasa aman.

Beberapa bulan saya mencoba sistem kredit dengan harga yang sama dengan pembelian cash, namun ternyata sulit, hal itu dikarenakan pembayaran pelanggan yang lambat dan seenaknya sendiri sehingga modal saya yang pas-pasan macet, akhirnya saya sudahi sistem ini karena saya masih harus belajar lagi tentang dunia wirausaha.

Penjualan secara kredit terkadang membingungkan karena ada tambahan harga, hal tersebut yang membuat saya ragu karena saya takut penambahan harga tersebut menjadi tidak halal karena saya menjual barang dengan harga yang berbeda. Hingga saat ini saya tidak pernah menjual barang secara kredit lagi, saya merasa resikonya terlalu tinggi, terlebih jika pelanggan yang susah membayar. Saran saya jika ingin memulai usaha lebih baik jangan memakai sistem kredit, karena akan menghambat perputaran modal kita, dan juga dari segi agama ada yang melarangnya karena menyalahi aturan jual beli dalam islam.

baca juga : ciri orang sukses

Wirausahakan Updated at: 12:44 AM

0 komentar:

Post a Comment