Faktanya Semua Orang Berdagang, tapi Kadang Tidak Sadar!



Faktanya semua orang memang berdagang, akan tetapi mereka tidak menyadari! kenapa bisa begitu? bukankah ada sebagian profesi yang tidak terkait dengan dunia perdagangan? memang begitu adanya, yang menjadi catatan adalah dari sudut mana anda melihatnya?

Profesi di dunia ini sangat banyak dan beragam, tentu saya hanya akan membahas profesi yang halal dan tidak melanggar hukum, sebutlah dari profesi kuli, tukang, pemborong, pedagang, pemilik toko, pengusaha, pegawai, pejabat, presiden, dan masih banyak lagi profesi yang lain. memang jika dilihat dari sudut pandang secara umum, banyak diantara mereka yang bukan pedagang dan tidak terkait dengan dunia perdagangan, akan tetapi mari kita lihat dari sudut pandang saya!

Seorang kuli, mereka bekerja untuk bos mereka, lalu mendapatkan gaji dari bos mereka, lalu kenapa para kuli juga ikut berdagang? ternyata seorang kuli juga menjual, mereka menjual tenaga dan waktu mereka, jika laku maka sang bos akan membeli dagangan mereka yang berupa tenaga dan waktu, maka perdagangan diatas adalah transaksi jual beli tenaga dan waktu.
Pegawai juga berdagang, mereka menjual jasa dari keahlian dan ijazah mereka. Sebelum menjadi pegawai, mereka melamar sebuah pekerjaan dengan menawarkan ijazah dan keahlian mereka kepada perusahaan atau instansi yang akan membeli jasa mereka.
Pejabat, mentri, presiden? apakah mereka juga berdagang? tentu saja mereka juga berdagang, mereka menawarkan diri untuk memimpin dan mengelola rakyat dan wilayah negara, dan yang membeli adalah rakyat.

Jadi bisa disimpulkan bahwa semua orang sedang berdagang, akan tetapi terkadang mereka tidak merasa berdagang, karena bagi sebagian orang perdagangan adalah proses jual beli barang atau jasa, bahkan terkadang banyak orang yang menyepelekan profesi pedagang padahal mereka tidak sadar sedang berdagang juga, sungguh aneh!

Fakta tentang perdagangan yang dilakukan semua orang sengaja saya tulis, untuk mengingatkan kepada orang-orang yang menyepelekan seorang pedagang agar mereka sadar bahwa apa yang dilakukannya dengan menyepelakan seorang pedagang sama saja menyepelekan dirinya sendiri, karena sebenarnya mereka juga sedang berdagang. Catatan diatas juga sebagai pengingat tentang pentingnya jiwa seorang pedagang, apapun pekerjaan anda saat ini, anda harus memiliki kemampuan pemasaran, apapun yang anda jual sekarang, anda harus menguasai teknik pemasaran agar laku.

Wirausahakan Updated at: 8:28 PM

0 komentar:

Post a Comment