Menjelang Musim Hujan, Inilah 10 Jenis Usaha yang Berpotensi Panen Keuntungan

Musim kemarau tahun 2019 ini terbilang cukup lama dan agak membuat panik di beberapa wilayah karena gagal panen, kekeringan dan bahkan kebakaran hutan. Tentu saja musim kemarau tahun ini juga sangat berpengaruh terhadap kelangsungan beberapa bisnis, termasuk bisnis yang saya jalani sendiri saat ini.


Namun semua akan berubah, musim kemarau yang panjang ini juga sepertinya akan segera berakhir berganti dengan musim hujan. Dan, saatnya memulai petualangan baru untuk menjalankan jenis usaha yang sesuai dengan perubahan musim ke depannya.

Inilah 10 jenis usaha yang cocok dijalankan saat musim hujan tiba :

1. Jualan jas hujan

Jenis produk yang akan sangat dicari saat musim hujan adalah jas hujan, pasalnya di Indonesia banyak sekali pengguna roda dua. Selain itu, kebutuhan akan payung juga meningkat tajam. Bisa juga mengincar mantel sepatu, pelindung motor dan mobil, serta produk sejenis lainnya yang tentunya akan dicari sat hujan tiba.

Jas hujan sendiri keuntungannya lumayan besar, meski persaingan di toko online semakin ketat, namun saat musim hujan, terkadang penjual di toko akan memasang harga tinggi karena mau tidak mau produk ini memang sangat dibutuhkan, apalagi saat sudah kehujanan sama pacar, mahal pun pasti dibeli deh demi kesayangan.

2. Jasa cuci motor

Sering melihat status "baru cuci motor malah kehujanan lagi"? Nah, meski mereka merasa sia-sia karena hasil cuciannya kotor lagi, namun pasti bakal dicuci lagi kok. Namanya lagi musim hujan, pasti banyak motor dan mobil yang kotornya minta ampun.

Nah, siap-siap aja panen untuk para pengusaha yang menjalankan bisnis jasa cuci kendaraan karena pasiennya bakalan meningkat tajam.

3. Jual pakaian hangat

Musim hujan akan terasa sangat dingin, apalagi jika kondisi hati juga sama-sama dingin, jadi pakaian hangat bisa jadi incaran yang bagus. Entah jaket, sweater, celana panjang, penutup kepala, selimut dan lain sebagainya pasti akan dicari kala musim hujan sudah mulai tiba.

Persiapkan modalnya saja untuk menyetok produk pakaian hangat demi bisa panen saat hujan telah tiba dan banyak orang mencari pakaian hangat.

4. Jual makanan hangat dan pedas

Makanan berkuah, hangat, pedas dan mengenyangkan adalah idola banget saat hujan tiba. Penjual es mungkin akan merasakan dampak yang cukup terasa, yah bisa dibilang gantian dengan para penjual makanan panas dan pedas.

Makanan seperti bakso, mie ayam, soup, aneka sambal, cemilan pedas dan lain sebagainya bisa jadi pilihan yang tepat untuk ikutan panen saat musim hujan tiba.

5. Warung kopi

Hal yang paling terasa membosankan saat musim hujan tiba adalah ketika tidak ada kegiatan dan bingung mau kemana. Tujuan paling umum adalah nongkrong di tempat ramai, ngobrolin nggak jelas sembari ngopi dan makan gorengan.

Kalau memang punya tempat dan kondisi lingungan sesuai, kenapa tidak mencoba buka warung kopi dan cemilan? Mungkin bisa ditambah dengan mie instant, gorengan, roti kering dan lain sebagainya. Pasti ramai tuh.

6. Jualan bibit tanaman

Teman saya sudah mulai menyiapkan proyek tabungannya sejak beberapa hari yang lalu, ia telah menyiapkan berbagai jenis bibit tanaman yang akan dijual keliling menggunakan mobil bak terbuka. Mulai dari bibit tanaman durian, mangga, cengkeh, albasia, dan lain sebagainya.

Jika kita jualan bibit tanaman saat musim kemarau, biasanya jarang ada yang mau membeli karena kondisi tanah yang kering memang kurang cocok untuk menanam bibit baru. Nah, kalau musim hujan tiba, mereka yang punya lahan akan mulai berfikir untuk menanam tanaman di kebunnya.

7. Jasa laundry pakaian

Pakaian pas-pasan, hujan gak berhenti turun, mau dicuci takut nggak kering, mau dipake terus udah bau apek, solusinya adalah pergi ke tempat laundry pakaian. Yups, bisnis jasa yang satu ini juga akan panen di musim hujan. Tentunya untuk para pengusaha yang siap dengan pengering pakaian dan siap melayani pelanggan sebanyak-banyaknya dengan durasi pengerjaan yang cepat sesuai janji.

8. Pertanian

Musim kemarau adalah sesuatu yang tidak bersahabat dengan sektor pertanian karena tanaman banyak yang gagal panen, ditambah dengan kekeringan dan hama yang semakin banyak. Ketika musim hujan tiba, biasanya air hujan juga membawa berkah tersendiri kepada tanaman yang ada. Mereka akan tumbuh subur dan berbuah lebat.

Musim hujan akan tiba dan para petani bisa mendapatkan hasil panen yang sesuai dengan keinginan mereka, asalkan hujannya tidak membawa masalah lain seperti banjir.

9. Perikanan

Jujur saja, kolam ikan admin mengalami kekeringan beberapa bulan terakhir dan menyebabkan ikan yang dipelihara mati satu per satu. Semoga ketika musim hujan tiba, air mengalir dengan deras dan ikan-ikan di kolam bisa tumbuh subur sehingga menghasilkan.

Bisnis perikanan di musim hujan biasanya difokuskan untuk pengembangbiakan, pembesaran dan penjualan karena musimnya memang cocok untuk perikanan.

10. Jasa pengantaran

Belajar dari musim hujan sebelumnya, banyak sekali orang yang enggan datang ke toko saya dan memaksa untuk dikirimi barang pesanan. Saat itu bahkan banyak yang memaksa dikirim meski ada biaya tambahan sekalipun. Saya pikir, jasa pengantaran akan panen di musim hujan ini karena faktanya banyak orang yang jadi mager dan maunya dilayani di rumahnya sendiri.

Nah, 10 bisnis yang cocok untuk dijalankan di musim hujan ini bisa kamu coba. Mana yang sesuai dengan kondisi dan kemampuan kamu. Persiapkan segalnya mulai dari sekarang mumpung musim hujan belum tiba pada saat puncaknya.

Wirausahakan Updated at: 9:05 PM

0 komentar:

Post a Comment