Trik Keren Jual Hape Bekas Lebih Mahal Daripada Harga Barunya

Ketika anda membaca judul artikel ini, mungkin sebagian dari anda akan sanksi dan menganggap bahwa ini adalah penipuan. Tapi silakan baca sampai selesai hingga anda bisa menilai apakah ini sebuah kebohongan atau memang seperti itulah adanya. BTW, kisah ini saya dapatkan langsung dari teman saya yang merupakan salah satu penjual hape bekas online di media sosial.


Alkisah teman saya membeli Xiaomi Redmi 5a dalam kondisi bekas pakai 2 minggu seharga Rp 1.050.000, 00. Kalau gak salah, dulu harganya sekitar Rp 999.999, 00 di Flash sale Lazada, namun kini sudah naik lagi sekitar 1,1-,15 jutaan. Dengan harga beli itu dibandingkan harga baru saat ini yang mencapai 1,3 jutaan, maka teman saya tidak terlalu kemahalan saat membeli.

Selang beberapa hari ada orang yang hendak menjual Xiaomi Redmi 4x dengan harga Rp 400.000, 00 dengan kondisi yang lumayan rusak pada bagian baterai dan layarnya. Harga baru handphone ini sekitar 1,8-2 jutaan dan harga bekasnya sekitar 700ribu-1jutaan. Teman saya mencoba menawar dengan harga Rp 400.000, 00 namun penjualnya tak mau dan malah meminta untuk tukar tambah dengan smartphone lain yang masih bagus.

Akhirnya teman saya menawarkan Xiaomi Redmi 5a miliknya yang hendak di tukar tambah dengan smartphone rusak milik penjual. Setelah tawar menawar, akhirnya terjadi transaksi TT antara redmi 5a dengan redmi 4x itu. Penjual menambah uang 900ribu dan redmi 4x rusak miliknya, dia mendapatkan redmi 5a bekas dalam kondisi yang masih bagus dan mulus karena belum 1 bulan pemakaian.

Di posisi ini, teman saya sudah bisa menjual hape bekas dengan harga lebih mahal dari harga barunya dan untung karena jika redmi 4x sisa TT tadi dijual dengan harga Rp 400.000, 00 saja, dia sudah untung Rp 250.000, 00 (900+400 = 1.300 - 1.050). Namun teman saya tidak langsung menjualnya, dia ingin memperbaikinya terlebih dahulu agar harga jualnya lebih tinggi lagi.

Teman saya mendatangi tempat service handphone langganananya dan mencoba memperbaiki beberapa bagian hp yang rusak. Setelah selesai, dia menanyakan berapa nominal yang harus dia bayar untuk jasa service tersebut, namun bukannya menunjukkan biaya yang harus dibayar, tukang service itu malah menawar hape yang baru diperbaiki ini. Teman saya kemudian menjual redmi 4x bekas yang telah diperbaiki itu dengan harga Rp 750.000, 00 kepada si tukang service.

Jadi hitung-hitungannya seperti ini :

Beli Redmi 5a bekas : Rp 1.050.000, 00
Tukar tambah dengan Redmi 4x bekas yang rusak : Rp 900.000, 00 + hape seharga Rp 400.000, 00
Jual Redmi 4x setelah service : Rp 750.000, 00

Modal : Rp 1.050.000, 00
Pendapatan : 900+400+750 : Rp 2.050.000, 00
Laba bersih : 2.050 - 1.050 : Rp 1.000.000, 00

Dengan modal Rp 1.050.000, 00, teman saya bisa mendapatkan keuntungan hingga Rp 1 jutaan dengan trik keren yang terbilang sangat sederhana.

Menurutnya, untuk bisa menjalankan trik seperti ini harus paham tentang kondisi hape, harga pasaran dan keahlian tawar menawar produk kepada pembeli dan penjual. Jika anda bingung dengan tulisan ini, silakan tanyakan lewat komentar (soalnya saya nulis nyambi, jadi kurang rapi).

Wirausahakan Updated at: 9:59 PM

0 komentar:

Post a Comment