5 Ide Bisnis yang Bisa Diambil dari Event Hajatan Keluarga

Kalau di desa, mau hajatan mah murah karena banyak tetangga dan saudara yang membantu, namun kalau di kota pasti jadi mahal karena butuh banyak bantuan untuk mendukung acara keluarga yang tentunya mengundang banyak tamu ke rumah atau gedung. Nah, dari pengalaman itu saya bisa mengambil beberapa jenis bisnis dari event hajatan keluarga yang bisa dikembangkan. Bisnis tersebut adalah :

1. Bisnis sewa tenda hajatan


Sewa tenda untuk acara hajatan itu lumayan mahal loh, di desa saja berkisar antara 3-10 juta tergantung kelengkapannya. Kalau hanya tenda saja mungkin 3 juta dikasih, tapi kalau ditambah perlengkapan makan, sound system, hiasan tenda dan lain sebagainya bisa mencapai 10 jutaan.

Saat ini banyak pengusaha sewa tenda hajatan yang sukses, mereka bisa meraup keuntungan puluhan juta dari bisnisnya tersebut. Meski modal awalnya terbilang cukup besar, namun keuntungan dan perkembangan bisnisnya lumayan menggiurkan.

2. Bisnis sewa pelayan tamu

Seperti yang sudah saya singgung di atas, kalau di desa bisa ngirit karena dibantu tetangga dan saudara, namun kalau di kota susah banget. Mau tak mau harus mempekerjakan orang untuk melayani tamu dan itu merupakan salah satu ide bisnis yang kini banyak dijalankan di kota besar.

Biasanya satu tim akan dibagi jadi 2 shift dengan rata-rata 3-5 orang yang berjaga dan melayani tamu undangan. Untuk biayanya bisa dihitung-hitung antara jumlah pekerja, lamanya bekerja dan pelayana jenis apa yang diminta oleh si empunya hajatan.

3. Bisnis sewa jasa masak

Nah yang satu ini cocok banget untuk yang suka masak dan ingin punya bisnis baru, buka aja jasa sewa masak untuk acara hajatan. Dari pengalaman saya, pemilik hajatan biasanya mau saja membayar mahal untuk makanan yang dihidangkan kepada para tamu karena mereka tak ingin mengecewakan tamu dengan makanan yang ada.

Jika ingin memulai bisnis ini, ada baiknya sekalian jasa menyiapkan bahan makanan dan pelayanan makanan sekalian biar nambah omset dan untungnya.

4. Bisnis perlengkapan aksesoris hajatan

Bisnis yang satu ini kadang diabaikan namun dibutuhkan mendadak, untuk mendekor rumah atau tenda hajatan sesuai keinginan sendiri, dibutuhkan pekerja yang handal. Nah, anda bisa memulai bisnis ini, apalagi jika ditambah dengan penawaran parcel dan aksesoris untuk tamu, saya pikir ini ide bisnis yang lumayan bagus prospeknya.

5. Bisnis cetak undangan

Bisnis ini adalah bisnis lama yang sudah banyak dijalankan oleh para pengusaha sukses, mereka senang sekali kalau dapat proyek dari acara hajatan karena biasanya butuh banyak undangan dengan harga yang lumayan tinggi.

Nah, kira-kira bisnis apa yang cocok untuk anda? Atau anda punya jenis bisnis lainnya?

Wirausahakan Updated at: 10:34 PM

0 komentar:

Post a Comment