Pengalaman Menjalankan Bisnis Susu Bayi yang Minim Saingan

Salah satu kebutuhan orang tua ketika memiliki anak adalah susu bayi yang harganya lumayan mahal dengan jumlah yang banyak. Susu bayi memang dibutuhkan untuk menunjang pertumbuhan dari bayi yang masih dalam tahap pertumbuhan di usia awalnya. Bagi orang tua yang punya banyak uang, tentu saja ini bukan masalah yang besar karena mereka tinggal menggelontorkan sedikit uang yang tersimpan demi si buah hati, namun bagi yang keuangannya pas-pasan tentu saja ini masalah yang besar.


Dari kasus tersebut, salah satu teman baik saya bisa menemukan ide bisnis yang ternyata jarang diambil oleh orang lain. Bisnis yang menjadi jalan keluar bagi keluarga kelas menengah ke bawah ini juga menjadi oasis bagi mereka yang tengah membutuhkan susu bayi namun dengan uang yang pas-pasan di kantongnya.

Jadi ceritanya teman saya ini update banget dengan berbagai produk yang ada di toko online dengan perbedaan harganya masing-masing. Ia melihat peluang bisnis ini dan kemudian mulai menawarkan 'bantuan' kepada para keluarga yang tengah kesulitan mendapatkan susu bayi (bukan karena tak ada yang jual, namun karena mepetnya duit mereka).

Dia menawarkan paket penyediaan susu bayi dengan durasi waktu 1bulan kepada para orang tua yang baru punya anak. Jadi, selama satu bulan dia akan terus menyiapkan kebutuhan susu bayi sang anak dengan sistem pembayaran di akhir bulan.

Sistem pembayaran tersebut pula yang akhirnya membuat banyak orang tua jatuh hati dan menyerahkan kebutuhan akan susu bayi si buah hati kepada teman saya. Katanya, salah satu pelanggan setianya selalu memesan susu bayi dengan nominal hingga Rp 3.000.000, 00 setiap bulannnya. Teman saya ini memang benar-benar membantu mereka dengan bantuannya dan pembayaran yang terlambat menunggu gajian.

Keuntungan dari penjualan susu bayi ini juga terbilang cukup besar karena dia punya banyak informasi yang berguna. Konon kabarnya ada banyak promo diskon khusus yang jarang diketahui orang lain. Misalnya saja salah satu susu bayi yang dijual di marketplace A ditawarkan dengan harga Rp 120.000, 00, namun jika membeli menggunakan kartu kredit atau bank lain (yang menawarkan potongan harga), maka ada harga khusus yang potongannya lumayan besar.

Menurut pengakuannya, dalam satu bulan teman saya bisa mendapatkan keuntungan yang lumayan besar dan saat ini mulai menggunakan keuntungan bisnis tersebut untuk membayar cicilan rumah yang baru saja ia ambil.

Hal yang cukup menarik dari bisnis ini adalah minimnya pesaing karena jarang ada yang mau menjalankan bisnis semacam ini. Namun dalam setiap bisnis tentu ada masalah yang harus dihadapi, resiko bisnis semacam ini juga lumayan besar. Mulai dari modal yang gede, pemilihan pelanggan yang bisa dipercaya dan kesibukan mencari toko online yang mau ngasih harga murah.

Buat kamu yang punya dana berlebih dan ingin memutarnya demi keuntungan bisnis kecil-kecilan, saya pikir bisnis yang satu ini bisa jadi pilihan yang tepat.

Wirausahakan Updated at: 10:22 PM

0 komentar:

Post a Comment