Jangan Bangga dengan Kesuksesan, Semua Bisa Hilang dalam Sekejap!

"Perjuangan menuju sukses bukan yang terberat, namun untuk mempertahankannya adalah hal yang paling berat!"


Banyak orang termasuk saya sendiri yang menganggap bahwa perjuangan menuju sebuah kesuksesan adalah hal yang berat, bahkan terkadang rasanya mustahil ketika melihat keadaan yang tak kunjung membaik. Saya sendiri terkadang berfikir bahwa sukses adalah tujuan akhir dimana saat saya sukses maka tak ada lagi perjuangan sekeras saat mendaki kesuksesan. Namun semua itu salah!

Mempertahankan sesuatu adalah perjuangan sesungguhnya pada level berikutnya dan itu adalah kondisi yang tidak siap dihadapi banyak orang karena terlalu terbuai dengan hasil yang dicapai sebelumnya.

Misalnya saja, saya sudah berusaha keras dalam membangun bisnis dan setelah berjuang selama bertahun-tahun, akhirnya mencapai target yang dicita-citakan selama ini. Setelah itu, saya akan merasa puas dan mulai melemah hingga perlahan atau bahkan tiba-tiba bisnis itu hancur, hilang dan semuanya kembali ke angka 0. Kenapa?

Seperti yang saya katakan tadi, kita terlalu sibuk memikirkan perjuangan menuju kesuksesan hingga lupa bahwa ada perjuangan lain ketika kita sampai. Kita tidak siap untuk menghadapi keadaan di atas puncak kesuksesan dan akhirnya kita hanyalah seorang yang bingung mau melakukan apa, kita tidak lagi si pemikir dan pengambil resiko, kita hanya makhluk malas yang terlalu konsumtif.

"Pendidikan hanya mengajarkan ilmu dasar, kreativitas manusia yang dapat mengembangkannya"

Selama saya belajar, guru selalu mengajarkan ilmu dasar hingga para siswa paham untuk mengikuti alur dan aturannya. Namun, sebagian terlalu puas di titik itu sehingga tidak bisa mengembangkan ilmu tersebut. Pada dasarnya pendidikan formal hanya sebuah pengenalan, praktek di lapangan merupakan bentuk kreativitas kita sendiri.

"Habis gelap terbitlah terang, dan gelap lagi"

Gelap adalah keadaan suram ketika kita berjuang dalam meniti jalan hidup, terang adalah titik dimana kita sampai kepada target dan tujuan. Di titik itu kita lupa bahwa hidup masih terus berjalan dan akan tiba saatnya gelap hadir lagi dan kita sudah terlanjur menikmati terang, lupa akan perjuangan gelap dan akhirnya kita malah menghadapi keadaan yang lebih buruk dengan perjuangan yang lebih malas.

Seorang teman selalu banyak bicara tentang kesuksesan bisnisnya dan dia bisa membeli berbagai hal yang ia inginkan dengan uang yang ia dapatkan. Namun hanya sekejap saja semuanya hilang dan menyisakan masalah berkepanjangan dalam hidupnya. Bukannya bangkit dan memulai lagi dari 0, ia malah terlalu terbuai dengan kesuksesan di masa silam dan enggan untuk menyadari hidup sesungguhnya.

Seberapa suksesnya anda, seberapa hebatnya anda, seberapa jauhnya anda, jangan terlalu bangga dengan semua itu karena nyatanya itu hanya titipan dan bukan tak mungkin hanya sebuah cobaan semata untuk mengetes kemampuan kita dalam menghadapi berbagai kondisi hidup.

Wirausahakan Updated at: 8:58 PM

0 komentar:

Post a Comment