Jadilah Seorang Profesional Hingga Uang Mengejarmu dengan Sendirinya!

Saya yakin bahwa kebanyakan orang 'normal' di dunia ini tak terlalu menguasai bidang yang ia kerjakan dan dengan terpaksanya ia berusaha menjadi seorang profesional demi bisa mendapatkan penghargaan beruppa gaji, jabatan, pengakuan dan lain sebagainya. Bukan berarti hal seperti itu salah karena nyatanya saya salah satu dari bagian orang normal seperti itu.


Selama ini tanpa disadari, kita terlalu terpacu dengan nominal, gaji, pengakuan, pujian dan lain sebagainya. Tak terasa akhirnya potensi kita terbatasi dengan jumlah yang akan kita terima dengan peningkatan kemampuan diri. Dan semakin kita termotivasi karena materi maka semakin kecil pula yang akan kita dapatkan dan semakin jauh pula potensi kemampuan kita yang sebenarnya akan terkuak.

Misalnya saja ketika kita bisa berjalan ke suatu tujuan dan ada hadiah yang akan kita dapatkan, maka otak kita pun akan terus tertuju kepada hadiah di titik lainnya. Padahal jika kita tidak terlalu fokus dengan hadiah namun lebih fokus ke kemampuan kita untuk sampai ke titik tujuan, maka bukan tak mungkin kemampuan kita akan semakin meningkat dengan hadiah yang mengejar kita.

Cak Nun sering menyindir orang-orang yang terlalu materialistik dan dengan sikapnya itu malah membuat mereka jadi diperbudak oleh materi dengan kemampuan hidup yang pas-pasan. Beliau pun menunjukkan sebuah pola pikir baru yang terbilang unik, menurutnya jika kita bisa jadi seorang profesional dalam satu bidang, maka uang yang akan mengejar kita, bukan sebaliknya.

Contohnya saja, di tempat saya ada seorang tukang bangunan yang paling senior dengan garapan yang paling baik dibandingkan puluhan tukang yang lainnya. Dia tak butuh promosi atau mencari pekerjaan seperti tukang lainnya, yang ada malah dia bingung mau menerima tawaran pekerjaan yang mana karena hampir setiap warga yang mau membangun maka akan datang ke rumahnya untuk meminta bantuan agar ia mau menggarap bangunan itu.

Menjadi seorang yang menguasai suatu bidang bukan hal yang mudah dan instan, butuh banyak waktu untuk belajar dan pengorbanan yang tidak sedikit. Namun kembali lagi kepada apa yang ada di dalam otak kita, apakah tujuannya hanya materi atau peningkatan diri?

Ketika tujuan kita hanyalah materi, maka kemampuan kita sangat terbatas dengan berapa nominal yang kita dapatkan, namun ketika tujuan adalah peningkatan diri maka bukan tak mungkin nominal yang seharusnya kita dapatkan bisa meningkat berkali-kali lipat sesuai dengan keahlian kita dalam bidang tersebut.

Mari belajar untuk fokus pada salah satu bidang terbaik yang cocok untuk kita, pelajari segala hal yang menyangkut bidang tersebut hingga kita menjadi seorang profesional dan uang yang akan mengejar kita sendiri untuk mendapatkan layanan terbaik.

Wirausahakan Updated at: 8:15 PM

0 komentar:

Post a Comment