Cara Riset Produk yang Laku di Pasaran dengan Tepat

Modal sudah ada, niat sudah memuncak, keahlian sudah mulai terkumpul, namun sayangnya belum bisa menemukan jenis produk dan jasa yang sesuai untuk dijadikan bisnis. Yah, sepertinya itu adalah masalah yang sama yang dialami oleh banyak pengusaha di awal bisnisnya. Penentuan produk dan jasa yang tepat akan menentukan masa depan bisnis kita.


Saya sudah mengalami beberapa kali kesalahan saat memilih produk yang akan dijual sehingga menyebabkan hilangnya uang modal dan masalah menghabiskan produk yang sudah tidak lagi dijual. Namun pengalaman buruk itu juga menjadi pelajaran yang penting untuk saya ke depannnya agar lebih cerdas dalam memilih produk yang hendak dijual.

Untuk menentukan jenis produk dan jasa yang laris manis di pasaran, saya biasanya menggunakan riset yang dilakukan di dunia online dan offline secara berkala. Seperti para internet marketer, mereka bisa menghabiskan banyak waktu di depan komputer untuk mencari jenis terbaik dari pencarian mereka mengenai keyword.

Mencari produk yang sesuai melalui media online

Google Keyword Planner, Google Autocomplete, Ubersuggest, Keyword Tool, WordStream Free Keyword Tool, Keyword Eye (Basic), Keyword Revealer’s Keyword Tool dan lain sebagainya merupakan beberapa alat yang biasa digunakan untuk mencari kata kunci.

Anda bisa menggunakan salah satunya dan memasukan kata kunci seperti 'bisnis di Jakarta' atau 'bisnis 2018' untuk menemukan jenis bisnis yang paling populer dan banyak dicari oleh pengguna internet.

Setelah menemukan jenis produk yang tepat untuk bisnis, anda tinggal mencari informasi tentang produk itu, mulai dari kualitasnya, agennya, harga jualnya, harga belinya, perkiraan kebutuhan pasar dan lain sebagainya. Jika ternyata sudah mantap, maka segera jalankan bisnis itu, apalagi jika bisnis musiman maka sebaiknya bergerak cepat karena ada ratusan pesaing lain.

Oh iya, selain mencari di internet khususnya di mesin pencari, jangan lupa juga update di media sosial karena saat ini banyak sekali hal yang viral dan ramai di media sosial seperti facebook, twitter, instagram dan lain sebagainya.

Mencari produk langsung di lapangan

Salah satu hobi saya adalah keliling jalan di sekitar toko dan pasar, kadang saya masuk ke dalam dan memeriksa produk yang dijual. Jika saya menemukan produk yang terlihat banyak dijajakan oleh penjual maka saya bisa mulai mendatanya untuk memasukannya menjadi daftar produk yang bisa dijadikan sebagai awal bisnis baru.

Misalnya saja saya yang menjalankan bisnis perlengkapan motor kemudian mulai melakukan riset ke beberapa toko dan saya dapati ada box motor yang dijual di dalamnya. Akhirnya saya masukan box motor itu ke dalam daftar belanjaan saya berikutnya setelah penelitian mengenai produk itu juga.

Wirausahakan Updated at: 9:21 PM

0 komentar:

Post a Comment