10 Langkah Awal Memulai Bisnis Online dari Nol

Saya bertemu dengan seorang pengrajin kayu yang punya bakat dalam membuat berbagai perabotan berkualitas. Saat saya tawari tentang bisnis online, dia sangat tertarik namun karena minim pengetahuan akhirnya dia tidak melanjutkan keinginannya untuk mencoba bisnis online tersebut. Apakah bisnis online terlalu sulit dan ribet bagi pemula?


Cara memulai bisnis online bagi pemula sebenarnya sangat mudah, entah dari nol atau minus sekalipun, asalkan mau belajar dan mencoba, niscaya kita akan bisa.

Berikut ini adalah 10 langkah awal untuk memulai bisnis online dari 0 bagi seorang pemula :

1. Belajar menggunakan gadget

Bisnis online adalah hal yang tabu bagi orang yang tidak bisa menggunakan gawai di jaman modern saat ini. Setidaknya kita harus bisa menggunakan smartphone dengan aplikasi yang mendukung bisnis online seperti whatsApp, facebook, instagram dan lain sebagainya.

Saya punya tetangga tua yang kolot dan enggan menggunakan gadget, hingga anaknya membelikan dan memaksanya menggunakannya, saat ini ia malah ketagihan dan bisa menjalankan berbagai aplikasi dengan belajar secara otodidak. Jadi, jangan malas dan jangan merasa terlalu tua untuk belajar!

2. Mempelajari sistem bisnis online

Mungkin kita perlu belajar menawarkan produk dengan baik, menjawab pertanyaan dari calon pembeli, menyiapkan katalog gambar, deskripsi produk, perkiraan ongkos kirim dan lain sebagainya yang diperlukan untuk bisnis online.

Modal dari sistem penjualan online adalah kepercayaan, tidak peduli siapa anda di balik layar, namun sikap dan kesiapan anda di media online yang akan membuat orang percaya atau tidak kepada anda. Jadi belajarlah jadi orang baik di media online dengan cara yang sewajarnya.

3. Angkat seorang guru sebagai inspirator

Banyak hal yang bisa dipelajari sendiri melalui percobaan dan pengalaman, namun ada pelajaran yang tak bisa dipelajari sendiri tanpa mengangkat seorang guru.

Ada baiknya kita punya kenalan yang bisa kita tanyai atau mintai pendapat ketika kita menghadapi sesuatu yang masih belum dipahami. Keberadaan seorang guru sangat penting demi kelanjutan masa depan kita karena dari mereka, kita mendapatkan banyak pengalaman berharga.

4. Fokus pada produk yang akan dijual

Salah satu kesalahan pengusaha muda di media online yang sering saya dapati adalah sifat rakus mereka yang hanya mencari keuntungan semata. Bermodalkan software dan aplikasi buatan, mereka mengunggah ribuan produk ke marketplace seperti menebar sampah berharap orang akan membeli produk mereka yang meragukan itu.

Mungkin cara seperti itu baik dan meninggalkan banyak stok produk, namun menurut saya calon pembeli akan lebih menghargai orang yang konsisten dengan produknya. Misalnya penjual baju yang menyediakan produk pakaian saja tanpa menambah dagangan aneh yang ada di lapaknya.

5. Tetapkan peraturan bisnis anda

Apakah harga yang anda tawarkan sudah final atau bisa ditawar? Apakah pengiriman harus dibayar pembeli atau anda menyediakan jasa kirim gratis? Apakah ada promo khusus jika pembeli memborong dagangan anda?

Tetapkan peraturan bisnis anda hingga membuat pelanggan percaya dan tertarik dengan apa yang anda tawarkan di media online.

6. Miliki wadah bisnis di media online

Banyak orang yang menganggap sebuah website sudah tidak penting lagi karena kebanyakan orang sedang berada di sosial media. Namun menurut saya, website tetap saja penting sebagai wadah bisnis dan profesionalisme bisnis anda.

7. Manfaatkan media sosial

Jamannya media sosial, mau tidak mau kita harus mengikuti perkembangan jaman dan terjun ke dalamnya demi bisa bergabung dengan jutaan calon pembeli yang ada di dalamnya. Sebenarnya banyak orang yang berhasil hidup di medi sosial, namun tidak dihidupi olehnya, ini adalah peluang kita untuk mencari hidup di media sosial.

8. Bergabunglah dengan marketplace

Marketplace adalah wadah yang sangat penting karena sistemnya yang aman dan terbuka, setidaknya kita punya akun untuk calon pembeli yang ingin membeli produk kita secara aman melalui marketplace yang ada di Indonesia. Lagipula di dalam marketplace, kita bisa sekalian promosi produk juga.

9. Kembangkan dan populerkan bisnis anda

Saran saya kepada anda yang baru memulai bisnis, mulailah dari berbagai akun google yang ada. Anda bisa mencoba dari google maps untuk alamat, google bisnis untuk mendaftarkan usaha di media internet, blog, gmail hingga akun-akun lain agar bisnis anda semakin dilihat banyak orang di internet.

10. Konsisten

Tidak ada jaminan bisnis anda akan sukses besar ketika mencoba bisnis online, namun jika anda konsisten menjalankannya, maka ada rejeki yang datang dari jalan tersebut, itu pasti. Jangan takut gagal, jangan ragu saat sepi dan jangan berfikir pesimis karena kita tidak tahu kapan pembeli akan melihat dan membeli produk kita di internet.

Wirausahakan Updated at: 10:23 PM

3 komentar:

  1. Selain paham dan mempunyai perangkat untuk digunakan, terus apalagi persyaratan yang mesti dikuasi dari pebisnis online mas admin..??

    Yang kedua, bagaimana caranya mengetahui produk apa atau produk terbaru yang dicari para buyer atau masyarakat luas, Pemula nih..

    ReplyDelete
    Replies
    1. ketika telah menggunakan gadget, niscaya akan bertambah ilmu lain semisal penggunaan aplikasi edit foto, penggunaan penyimpanan data dan lain sebagainya yang mengikuti kebutuhan dan perkembangan.

      Untuk mengetahui jenis produknya, bisa menjual produk sendiri yang sudah ada atau melalui riset mengenai produk yang laku di pasaran.

      Delete
  2. konsisten, itulah yang kadang - kadang sulit. bisnis online membutuhkan ketekunan dan pantang menyerah. kadang kita lebih memilih menjalani bisnis baru ketimbang menekuni bisnis yang sudah ada.
    cara menjual memasarkan asuransi secara online, peluang usaha

    ReplyDelete