Mau Jadi Distributor Snack dan Jajanan Kekinian, Segini Keuntungan yang Bisa Kamu Peroleh!

Salah satu nikmat yang diberikan Allah kepada saya adalah dikenalkannya orang-orang yang akhirnya bisa merubah hidup saya di masa kini. Mereka yang saya kenal berasal dari berbagai kalangan, mulai dari pejabat, pns, pedagang, pelajar dan lain sebagainya yang saya anggap sama saja karena saya tak terlalu mempedulikan siapa mereka dengan pekerjaannya.


Seorang teman yang cukup dekat dengan saya adalah distributor snack atau jajanan bocah yang terbilang cukup sukses meski kiosnya terlihat kecil dan penuh sesak. Saat ini ia telah meninggal dunia dan hanya do'a yang bisa saya panjatkan kepadanya agar Allah memberikan tempat terbaik di sisi-Nya.

Teman saya ini menempati kios yang berukuran kurang lebih 6x4 meter dengan jumlah dagangan berupa jajanan yang sangat banyak. Jika masuk ke dalam kiosnya rasanya sumpeg banget karena ruang yang tersedia sangat sedikit saking penuhnya itu jajanan. Ternyata ia masih punya gudang lain untuk menampung snack tersebut, hmm bisnis yang satu ini ternyata membutuhkan tempat yang luas juga.

Dagangnya di pasar, mulai pagi-pagi buta melayani pembeli yang kebanyakan adalah para pemilik warung yang sering membeli snack di situ. Biasanya ia sudah tutup di siang hari dan kios yang awalnya penuh dengan snack mulai kosong karena diborong para pemilik warung yang membutuhkan barang dagangan.

Saya sendiri merupakan salah satu pemilik warung yang memilih teman saya itu sebagai tempat kulakan karena selain orangnya enak buat kerjasama, barangnya penuh dan harganya sangat bersaing dengan tempat lainnya.

Bisa dibilang tanpa promosi sama sekali, tidak perlu kerja keras karena stock snack sudah dipenuhi para agen, ditambah pelanggan setia dan para reseller yang membuat bisnis berjalan secara tersistem meski tidak rapi. Saya pikir itu adalah bisnis yang sangat menyenangkan dan nyaman, namun ternyata di awalnya penuh perjuangan banget untuk meyakinkan pelanggan dan mencari agennya.

Untuk keuntungan menjadi agen kulakan snack ternyata sangat kecil, setahu saya 1 jenis snack seharga 1ribu hanya bisa numpang untung Rp 100, 00 atau bahkan di bawahnya saja. Meski kecil namun dengan mengandalkan penjualan yang banyak, nyatanya keuntungan dari bisnis ini tetap bisa diandalkan.

Saya pernah menghitung-hitung kira-kira berapa yang teman saya dapatkan jika saya belanja di situ hingga Rp 500.000, 00. Dengan asumsi keuntungan yang hanya sekitar 5-7% saja, mungkin ia hanya bisa mendapat untung sekitar Rp 30.000, 00 saja. Namun dengan jumlah pelanggan yang mencapai puluhan tiap harinya, mungkin keuntungannya bisa mencapai 1 jutaan per hari.

Dengan keuntungan yang cukup besar seperti itu, bisnis ini tentu bisa menjadi salah satu pilihan yang tepat untuk anda. Namun anda harus siap saing dengan pedagang lain ditambah promosi yang keras karena saat ini sistem bisnis terus berkembang.

Wirausahakan Updated at: 2:00 AM

0 komentar:

Post a Comment