Manajamen Keuangan Pegawai vs Pedagang! Alasan Kenapa Uang Habis Terus dan Susah Nabung

Sudah lama saya jarang sekali menulis atau bahkan membalas komentar dari pengunjung karena kesibukan saya yang baru. Mohon maaf sekali jika ada pertanyaan yang belum terjawab atau komentar yang belum terpublish oleh saya.


Kali ini saya ingin membahas tentang pegawai kantoran dengan gaji bulanan yang kecil namun masih bisa nabung dan pedagang yang punya penghasilan banyak namun malah kesusahan dalam hidupnya. Masalah seperti ini sering sekali saya temui dalam hidup dan saya sendiri pernah merasakannya, jadi sedikit-sedikit bisa cerita disini.

Alkisah ada seorang pegawai kantoran yang gajinya hanya 2 jutaan, sudah punya keluarga dan tidak punya penghasilan tambahan sama sekali. Namun dia tak kekurangan sama sekali apalagi sampai utang sana-sini meski gajianya pas-pasan.

Yang kedua, ada seorang pedagang yang terbilang cukup sukses karena penghasilannya jika dihitung bisa lebih dari 5 juta perbulan dari hasil dagangnya tersebut. Namun entah kenapa dia itu banyak utang dan hidupnya susah banget, bahkan termasuk dalam keluarga miskin yang menerima bantuan pemerintah.

Jika dilihat secara umum tanpa memperhatikan datanya, tetangga akan berkata :
  1. Namanya juga pegawai ya pasti duitnya banyak, yang dagang mah kadang laku kadang enggak
  2. Pegawai kan pinter ngatur duit nah yang dagang asal-asalan
Kebanyakan orang memberikan pendapat yang pertama karena menganggap bahwa pegawai pasti gajinya tinggi, orangnya pintar dan bisa mengatur keuangannya. Sementara bagi yang mengetahui data dan informasinya, akan menjawab yang kedua karena semua itu berasal dari manajemen keuangan masing-masing.

Kita kan gak tahu betapa merintihnya para pegawai saat kekurangan uang, namun mereka malu untuk memperlihatkannya ke masyarakat dan memilih untuk diam sambil berusaha menutup kekurangan itu dengan tabungan dan pinjaman yang rahasia.

Sementara pedagang yang hasilnya lebih besar malah terlihat berantakan hidupnya dan penuh utang karena tidak bisa mengatur keuangan pribadinya dan tak jarang mereka malah bangkrut karena masalah uang dagangan yang tak beres.

Lalu jawabannya bagaimana?

Seorang pegawai dengan gaji 2 juta, dia bisa menahan dirinya untuk tidak menggunakan uang lebih dari 1,5 juta karena otaknya sudah tersetting bahwa jika dia menggunakan uang terlalu banyak, maka dia akan mendapat masalah saat menerima gaji. Sederhananya, pegawai mikirnya "masa iya gaji 2 juta tapi pengeluaran 3 juta, bisa ancur!"

Nah kalau pedagang itu beda, misalpun sebulan dapet 5 juta tapi mereka nekat menghabiskan uang hingga 10 juta. Terkadang mereka berfikir "nanti juga ada rejeki"! Nah kalau gak ada rejeki? Utang dong buat nutupnya. Ntar lama-lama bangkrut deh tuh usahanya.

Manajemen keuangan itu sangat penting karena bisa memberikan masa depan seseorang untuk sukses atau hancur. Jika pedagang bisa memiliki manajemen seperti pegawai, niscaya dia akan bahagia dan uangnya bisa terkumpul untuk ditabung, usahanya bisa berkembang karena punya dana pribadi yang siap menopangnya.

Wirausahakan Updated at: 10:54 PM

0 komentar:

Post a Comment